Nasi Uduk Betawi

Ini Alasan Kebon Kacang Terkenal Sebagai Kawasan Nasi Uduk Betawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 11:00 WIB
Ini Alasan Kebon Kacang Terkenal Sebagai Kawasan Nasi Uduk Betawi Foto: detikfood
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Menyebut nasi uduk Betawi, banyak orang langsung terbayang nasi uduk Kebon Kacang. Kenapa ya daerah ini terkenal sebagai kawasan penjual nasi uduk?

Nasi uduk Betawi memang mudah ditemui di mana saja di Jakarta dan sekitarnya, namun banyak orang masih mengaitkan nasi uduk ini dengan daerah Kebon Kacang di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kawasan ini memang terkenal sebagai surganya nasi uduk Betawi sejak dulu. Tapi sebenarnya bagaimana kisah Kebon Kacang bisa terkenal sebagai tempat menikmati nasi uduk?

Sejarawan Betawi, Yahya Andi Saputra menjelaskannya pada detikfood (22/2). Semuanya berawal dari tahun 1930-an.

"Sebetulnya nasi uduk Betawi itu dimana-mana sama, nah karena kawasan itu pada tahun 1930-an, banyak mahasiswa yang berdekatan lokasinya di situ. Dulu kan sekolah hukum kan ada di situ," kata Yahya mengawali cerita.

Ini Alasan Kebon Kacang Terkenal Sebagai Kawasan Nasi Uduk BetawiIni Alasan Kebon Kacang Terkenal Sebagai Kawasan Nasi Uduk Betawi Foto: detikfood

Ia menuturkan, "Banyak orang-orang tinggal di situ, saya dengar cerita dari Ibu Halimah Aziz (salah satu pemilik hotel di Kebon Kacang), kakeknya dulu bikin rumah kos-kosan buat mahasiswa dan para pegawai. Mereka makan di situ."

Menu yang banyak dijajakan adalah nasi uduk dengan berbagai lauk. Kelezatan nasi uduk Betawi ini lantas disukai banyak orang di sekitar sana.

Lalu pada zaman pemerintahan presiden Soeharto, kawasan Jalan Jaksa di dekat Kebon Kacang semakin terkenal. "Banyak yang cari makan sore hingga malam hari (sampai ke Kebon Kacang), sehingga makin terkenal begitu (kawasan Kebon Kacang). Dari mulut ke mulut," tambah Yahya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com