Nasi Uduk Betawi

Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 16:00 WIB
Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Nasi uduk populer di Jakarta, sementara nasi lemak lebih populer di Sumatera dan Melayu. Sekilas tampak mirip tapi dua hidangan ini punya banyak perbedaan.

Nasi uduk dan nasi lemak sama-sama tergolong nasi gurih yang punya aroma sedap. Keduanya juga dimasak menggunakan campuran santan, tetapi sebenarnya terlihat kalau nasi uduk dan nasi lemak sangat berbeda.

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari asal usul, rempah dan bumbu campuran, rasa serta lauk pelengkapnya. Meskipun demikian, tapi dua hidangan ini sama-sama punya ciri khas dan rasa yang enak.

Nasi uduk khas Betawi biasa disajikan dengan lauk semur tahu dan jengkol, bihun goreng dan tempe orek. Sementara nasi lemak umumnya dihidangkan dengan lauk ikan teri goreng, telur rebus atau goreng, irisan mentimun dan sambal.

Berikut beberapa perbedaan nasi uduk dan nasi lemak.

1. Asal usul


Nasi uduk maupun nasi lemak sama-sama hidangan hasil akulturasi beberapa suku. Artinya, makanan ini bukan murni berasal dari satu daerah saja.

Nasi lemak merupakan makanan hasil akulturasi dari Bangsa Melayu dan Sumatera. Karena letak geografis yang berdekatan jadi tak heran kalau nasi lemak bisa dengan mudah ditemui di Medan, Malaysia, Singapura bahkan di Brunei.

Sementara, untuk nasi uduk merupakan hasil akulturasi dari Bangsa Melayu dan Jawa. Di Indonesia, nasi uduk juga bisa ditemui dalam berbagai versi tapi yang paling populer yakni nasi uduk Betawi. Meskipun demikian, ada juga berbagai versi nasi uduk mulai nasi uduk Sunda hingga nasi uduk Pontianak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com