8 Makanan Favorit Orang Usia 100 Tahun Lebih, Tak Semuanya Sehat!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 18:30 WIB
Cara menggoreng fried chicken Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang di dunia beruntung bisa hidup lebih dari 100 tahun. Mereka memiliki makanan favorit yang jadi 'rahasia' umur panjangnya.

Tak mudah mencapai usia 100 tahun dalam kondisi sehat dan bugar, namun beberapa orang berhasil melaluinya. Umumnya mereka mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Selain itu, mereka juga memiliki makanan favorit yang diyakini menjadi rahasia umur panjang. Tak semuanya berupa makanan sehat, bahkan ada yang makanan favoritnya tergolong tidak sehat.

Sebut saja bacon goreng yang identik tinggi garam dan penuh lemak jenuh. Lalu ada juga orang tertua di dunia yang menyukai paduan es krim dan fried chicken.

Bagaimana daftar lengkapnya? Berikut detikfood (25/2) merangkum informasinya dari Bright Side:

1. Bacon

Bacon identik sebagai makanan tak sehat karena mengandung lemak jenuh dan diproses dengan cara digoreng. Tapi siapa sangka, bacon malah jadi 'rahasia' umur panjang Susannah Mushatt yang berusia 116 tahun.

Ia rutin sarapan 4 lembar bacon, telur, dan olahan bubur jagung. Menurut keponakan perempuannya, Susannah bahkan kadang menyimpan satu lembar bacon di serbetnya untuk dimakan nanti. Rahasia lainnya, ia memastikan tidur 10 jam tiap hari.

2. Telur

Free range chicken on an organic farm in Austria; Freilandhühner auf einem Bauernhof in OberösterreichFoto: Getty Images/iStockphoto/Leonsbox

Bahan makanan favorit di banyak negara ini memang bernutrisi tinggi. Telur menjadi sumber protein yang bisa dikonsumsi rutin. Emma Morano yang berusia 117 tahun bahkan memilih makan 3 butir telur setiap hari.

Ia menyantap satu telur matang dan dua telur mentah. Hal ini sudah ia lakukan selama lebih dari 90 tahun. Makanan favorit lainnya adalah cookies, seperti ladyfingers.

3. Cokelat

Cokelat menjadi salah satu makanan sehat yang bisa memperpanjang umur karena kandungan flavonoid-nya. Salah satu orang tertua di dunia, Jeanne Calment (122 tahun), rutin makan cokelat setiap minggu.

Ia bisa menghabiskan hingga hampir 1 kg cokelat. Selain itu, ia menjalani pola hidup sehat seperti bersepeda hingga usianya sudah mencapai 100 tahun.

Baca Juga: Makan Enak Jadi Rahasia Panjang Umur Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com