Meski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong Berbeda

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 13:00 WIB
Meski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong Berbeda Foto: soranews
Jakarta -

Hong Kong dan Jepang punya roti khas yang tampilannya mirip yaitu roti melon dan roti nanas. Keduanya ternyata memiliki perbedaan mendasar.

Beberapa negara memang punya karakteristik yang hampir sama dalam bidang kuliner seperti roti melon (melonpan) khas Jepang dan roti nanas asal Hong Kong. Ternyata keduanya berbeda, simak perbedaan berikut ini.

Walaupun namanya roti melon, roti ini tidak memiliki rasa melon dan rasanya seperti roti pada umumnya. Sama halnya dengan roti nanas asal Hong Kong dimana nanas hanya menjadi bagian nama roti dan tidak ada rasa nanas pada roti tersebut.

Meski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong BerbedaMeski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong Berbeda Foto: soranews

Keduanya memang memiliki bentuk yang serupa, tetapi di antara roti melon Jepang dan roti nanas Hong kong ini sangat jauh berbeda.

Persamaan antara keduanya hanyalah bahan pembuat roti. Selebihnya keduanya benar-benar hidangan yang jauh berbeda.

Dilansir melalui Sora News 24 (22/2), roti melon Jepang dan roti nanas Hong kong sama-sama terbuat dari mentega, tepung dan lemak hewan. Namun sejarah dan asal-usul dua roti ini berbeda. Pada awal kemunculannya, keduanya saja sudah memiliki sentuhan budaya yang berbeda.

Roti melon Jepang atau Japanese Melon Bread ditemukan oleh pembuat roti asal Armenia. Roti melon Jepang pertama kali diproduksi di Hotel Kekaisaran Tokyo pada 1910-an oleh Hovhannes Ghevenian Sagoyan. Sedangkan, roti nanas Hong Kong mendapat pengaruh dari imigran Rusia yang datang ke Hong Kong.

Meski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong BerbedaMeski Bentuknya Mirip, Roti Melon Jepang dan Roti Nanas Hong Kong Berbeda Foto: soranews

Secara fisik, roti melon Jepang memiliki lapisan luar yang lebih renyah dan lembut. Cara menikmatinya pun memiliki cara yang cukup unik untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Pada roti melon Jepang kamu perlu memotong roti tersebut dan menambahkan potongan mentega atau olesan mentega. Sedangkan pada roti nanas Hong Kong lelehan mentega sudah ada di bagian dalamnya dan disarankan untuk dinikmati selagi panas.



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com