Punya Efek Buruk, 7 Kombinasi Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Feb 2021 16:00 WIB
Matcha tea and green tea utensils Foto: iStock
Jakarta -

Menyantap pisang dengan campuran susu atau daging dengan kentang memang enak. Tapi ternyata dari segi kesehatan, paduan makanan ini justru memiliki efek buruk bagi tubuh.

Dilansir dari BoldSky (22/2) makanan memiliki peran sangat penting untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada makanan membantu organ tubuh bekerja dengan maksimal.

Tapi tidak semua makanan bisa membuat tubuh sehat dan bekerja dengan baik. Justru ada beberapa kombinasi makanan yang membuat tubuh harus mencerna nutrisi dengan ekstra. Tak jarang, kombinasi makanan ini justru mengundang racun bagi tubuh.

Oleh sebab itu, kenali kandungan makanan yang kamu santap agar paduan makanan bukan hanya enak rasanya tapi juga memberi manfaat bagi tubuh. Jangan hanya memikirkan sisi kenyang saja.

Berikut beberapa paduan makanan yang tak boleh disantap bersamaan.

1. Madu dan air panas

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Pakai AirPunya Efek Buruk, 7 Kombinasi Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan Foto : iStock


Madu punya segudang nutrisi yang baik untuk tubuh. Tak heran kalau banyak ahli nutrisi yang menganjurkan minum madu secara rutin. Madu juga bisa dijadikan campuran untuk berbagai makanan dan minuman, rasanya manis dan lezat.

Tetapi ada bahan yang dilarang keras dicampurkan dengan madu yakni air panas. Madu dilarang keras dicampur dengan air panas, terutama air mendidih. Alasannya karena campuran ini akan membuat peningkatan hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) dalam madu. Jika hal ini terjadi maka madu akan bersifat sebagai racun dalan tubuh manusia.

2. Susu dan buah melon


Buah melon sebaiknya dinikmati dalam keadaan segar, karena jika dicampur dengan susu maka bukan nutrisi yang meningkat tapi racun. Campuran susu dan melon akan menghambat proses metabolisme. Dua bahan makanan ini membutuhkan waktu lama untuk diproses dalam lambung.

Semakin lama prosesnya maka susu akan mengental di dalam lambung sehingga nutrisinya sulit dicerna tubuh. Bukan tidak mungkin, paduan susu dan melon juga bisa membuat asam lambung meningkat dan menyebabkan sakit maag.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya