Agar Pisau Awet, Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Pisau Berikut

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 23 Feb 2021 14:00 WIB
Agar Pisau Awet, Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Pisau Berikut Foto: Getty Images/iStockphoto/Nicholas77
Jakarta -

Apakah kamu yakin sudah menggunakan pisau dengan benar? Simak informasi mengenai 7 kesalahan menggunakan pisau yang sering terjadi berikut ini.

Di dapur pisau menjadi 'senjata' utama saat memasak. Tanpa pisau, bahan makanan tidak akan bisa terpotong dan memasakpun jadi sangat sulit.

Semakin tajam sebuah pisau, maka semakin mudah untuk digunakan. Menggunakan pisau dengan baik dan benar akan mampu menjaga ketajaman pisau sehingga tidak menimbulkan hambatan saat memasak.

Kesalahan saat menggunakan pisau ini ternyata sering terjadi di dapur-dapur terutama dapur rumah tangga. Nah, apakah kamu sudah benar menggunakan pisau?

Berikut ini 7 kesalahan menggunakan pisau yang sering terjadi, seperti dikutip dari Serious Eats (16/5):

1. Digunakan di Atas Kaca atau Batu

Agar Pisau Awet, Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Pisau BerikutAgar Pisau Awet, Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Pisau Berikut Foto: Getty Images/iStockphoto/Nicholas77

Talenan kayu atau plastik menjadi pasangan yang tepat untuk menggunakan pisau. Kedua bahan ini akan menjaga pisau agar tajam lebih lama.

Kaca dan batu sangat berisiko untuk pisau. Pisau akan lebih cepat tumpul bahkan rusak jika kamu menggunakannya di atas kaca atau batu.

Baca Juga: 7 Trik Dapur Prakits, Kupas Telur hingga Simpan Alpukat

2. Tergeletak dalam Laci

Pisau punya tempat penyimpanan sendiri. Setidaknya kamu harus menyimpan pisau pada wadah yang bisa membuatnya berdiri sempurna dengan bagian tajam menghadap ke bawah.

Jika pisau diletakkan dalam laci bersamaan dengan barang-barang lain akan menjadi berbahaya. Tanganmu mungkin saja teriris saat berusaha mencari barang lain di laci yang sama dengan pisau tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com