Ini 3 Jenis Pisau yang Wajib Ada di Dapur

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 09 Sep 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pisau tajam membuat memasak jadi lebih cepat, praktis, dan aman. Tak butuh banyak, ada 3 jenis pisau yang wajib Anda miliki di dapur.

Memasak tentu jauh lebih menyenangkan jika menggunakan pisau yang tajam. Sebab beberapa bahan makanan akan terpotong lebih rata, kemudian mempersiapkannya juga lebih cepat dan lebih aman. Dengan menggunakan pisau tajam, Anda juga tidak perlu menggunakan terlalu banyak tenaga untuk mengiris dan memotong.

Namun sebelum membeli pisau, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu fungsi dari pisau tersebut. Dilansir dari Today (5/9), inilah 3 jenis pisau beserta kegunaannya yang harus Anda miliki di rumah.



1. Pisau Chef (Chef's Knife)

Ini 3 Jenis Pisau yang Wajib Ada di DapurFoto: iStock

Pisau multifungsi ini bisa menjadi pilihan pertama jika ingin membeli pisau. Dikatakan multifungsi karena pisau ini dapat digunakan untuk banyak hal. Mulai dari memotong bawang dan rempah hingga untuk mengolesi ayam dengan mentega.

Dinamakan Chef's Knife karena para chef biasanya hanya memilih menggunakan satu jenis pisau untuk proses memasak. Selain mudah, para chef juga tidak menghabiskan waktu hanya untuk mengganti jenis pisau berdasarkan fungsinya. Selain itu, bentuk pisau ini lebih runcing dan panjangnya berkisar 15 cm hingga 30 cm.

2. Pisau Roti

Ini 3 Jenis Pisau yang Wajib Ada di DapurFoto: iStock

Anda mungkin mengenal 'Serrated Knife' sebagai pisau roti. Pisau ini memiliki gerigi dan panjang pisau yang tipis memungkinkan pisau bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh pisau lain.

Roti yang kuat, kenyal, dan kasar seperti roti Prancis, baguette, dan ciabatta ini memang hanya bisa di potong dengan pisau jenis ini. Bukan hanya memiliki gerigi yang kuat, tetapi juga memiliki sisi yang lembut dan halus. Pisau ini bisa untuk mengiris buah hingga setipis mungkin. Panjang pisau ini berkisar 12,5 cm sampai 30 cm.

3. Paring Knife

Ini 3 Jenis Pisau yang Wajib Ada di DapurFoto: iStock

Meskipun ukurannya kecil, pisau ini memiliki kemampuan yang luar biasa. Ukuran paring knife ini lebih kecil dibandingkan Chef's Knife. Jenis pisau ini memungkinkan Anda untuk memotong lebih presisi dan teliti. Selain mudah di genggam, desainnya tampak seperti Chef's Knife yang mini. Ukurannya sekitar 7,5 cm hingga 9 cm.

Jenis pisau ini sangat cocok untuk memotong karena hanya memerlukan sedikit ketangkasan. Paling sering digunakan untuk mengupas apel atau kentang, tetapi juga pilihan yang baik untuk memotong sayuran, mengupas kulit, dan kotoran udang.





Simak Video "Silong, Sashimi khas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)