Bukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus Dioperasi

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Feb 2021 16:30 WIB
Bukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus Dioperasi Foto: Ilustrasi iStock/Site News
Jakarta -

Punya kebiasaan dan hobi makan yang aneh. Remaja ini paling suka makan rambut sampai perutnya harus dioperasi.

Jika biasanya kebanyakan orang kecanduan dengan jenis makanan dan minuman tertentu. Berbeda dengan remaja berusia 17 tahun ini, yang paling hobi makan rambut.

Baca Juga: Hobi Makan Rambut hingga Kaca, 5 Gangguan Makan Teraneh di Dunia

Dilansir dari People (19/02), remaja asal Inggris yang identitasnya dirahasiakan ini, sempat mengalami gangguan kesehatan mental.

Meski kini sudah dalam tahap pemulihan, tapi rupanya hal ini berdampak pada kebiasaannya makan rambut. Kondisi ini juga sering disebut sebagai sindrom rapunzel.

Bukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus DioperasiBukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus Dioperasi Foto: Ilustrasi iStock/Site News

Di mana penderitanya akan terus memakan rambut. Kemudian rambut itu akan menumpuk dan menjadi gumpalan atau bola di dalam perut.

Karena kebiasaan makan yang aneh ini, perut remaja tersebut harus segera dioperasi. Setelah dokter menemukan adanya gumpalan rambut sepanjang 19 inch yang memenuhi seluruh bagian perutnya.

Kasus medis ini dijelaskan dalam BMJ Case Reports, yang dituliskan oleh tim dokter di Queen's Medical Centre, Nottingham, Inggris.

Tim dokter menjelaskan bahwa awalnya remaja perempuan ini datang ke rumah sakit, setelah pingsan sebanyak dua kali yang menyebabkan memar di wajah dan kulitnya.

Bukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus DioperasiBukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus Dioperasi Foto: Ilustrasi iStock/Site News

Setelah memeriksa cedera di kepala remaja itu, dokter menemukan ada pembengkakan di area perutnya. Ditambah dengan keluhan dari remaja tersebut, bahwa dia mengalami sakit perut selama lima bulan terakhir.

Tim dokter langsung melakukan pemeriksaan via CT Scan. Di sana mereka terkejut menemukan gumpalan bola rambut, yang merobek dinding perut remaja tersebut.

Mereka juga menemukan bahwa remaja ini mengidap gangguan mental langka seperti trichotillomania dan trichophagia. Keduanya memicu remaja ini untuk menarik rambutnya sendiri dan memakannya.

Demi menyelamatkan nyawa remaja itu. Tim dokter bergerak cepat untuk mengoperasi perutnya, dan mengeluarkan gumpalan rambut dari sana.

Bukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus DioperasiBukan Makanan, Remaja Ini Hobi Makan Rambut Sampai Harus Dioperasi Foto: Ilustrasi iStock/Site News

Untungnya nyawanya masih tertolong. Remaja tersebut sudah bisa pulang, 7 hari setelah operasi pengangkatan rambutnya berakhir. Kini sang remaja dalam tahap pemulihan untuk kesehatan mentalnya.

Kejadian serupa sebelumnya juga pernah terjadi pada anak kecil di Provinsi Shaanxi, China. Ia juga memiliki kebiasaan memakan rambut selama lebih dari lima tahun yang berakibat buruk untuk kesehatannya.

Baca Juga: Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak Ini



Simak Video "Bikin Laper: Obat Rindu Jajanan Khas Semarang di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com