Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Punya hobi makan yang aneh dan tak wajar. Membuat gadis kecil ini harus dilarikan ke rumah sakit. Dokter menemukan ada benda aneh yang berada di dalam perutnya.

Anak kecil biasanya sering memasukkan barang atau benda berukuran kecil ke dalam mulut mereka. Kebiasaan ini rupanya terus berlangsung untuk sebagian anak-anak, salah satunya yang terjadi pada anak perempuan berusia delapan tahun ini.

Baca Juga: Pria Ini Punya Hobi Makan Batu hingga Tutup Botol Ketika Cemas
Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak IniFoto: Istimewa
Dilansir Global Times (09/06), anak perempuan ini berasal dari Provinsi Shaanxi, China. Identitasnya tidak disebutkan, namun anak ini memiliki kebiasaan untuk memakan rambut selama lebih dari lima tahun.

Kebiasaannya menelan helaian rambut dalam jangka waktu panjang, membuat dia sering mengalami sakit perut. Bahkan anak ini mulai muntah, usai ia memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Sang ibu yang khawatir, biasanya akan memijat perut sang putri agar rasa sakitnya berkurang.

Di sini lah sang ibu menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan putrinya. Ia menemukan adanya benjolan pada bagian perut putrinya, akhirnya sang ibu langsung membawanya ke rumah sakit.
Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak IniFoto: Istimewa

Setelah dokter melakukan serangkaian pemeriksaan, mereka berhasil menemukan adanya gumpalan rambut berbentuk bola yang miliki panjang mencapai 11cm di dalam perut anak itu.

Tentunya gumpalan rambut ini berasal dari kebiasaan anak tersebut memakan rambut. Orang tuanya menyebutkan, bahwa mereka sempat membawa putrinya itu ke dokter saat usianya masih tiga tahun.

Sayangnya mereka tidak berhasil menghentikan kebiasaan sang putri yang sangat suka makan rambut. Namun setelah kejadian ini, sang putri pun sadar bahwa memakan rambut bisa berdampak serius bagi kesehatannya.
Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak IniFoto: Istimewa
"Saya tidak mau memakan rambut. Rasa rambut memang tidak seenak cokelat, tapi saya suka memakannya," ungkap sang putri.

Sementara menurut Lin Tao, dokter yang menangani kasus ini ada dua alasan mengapa anak ini gemar memakan rambut. Pertama karena anak ini kekurangan beberapa zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan tubuh, dan rambutnya digunakan sebagai suplemen. Alasan kedua, anak ini bisa saja menderita kelainan kompulsif yang berlebihan.

Sebelumnya seorang wanita asal India harus menjalani operasi di bagian perutnya. Setela ia memiliki kebiasaan menyantap benda tajam seperti erhiasan, peniti, jepitan rambut, hingga ritsleting.

Hobi Makan Benda Tajam, Perut Wanita Ini Dipenuhi Peniti hingga Ritsleting (sob/odi)