Hobi Makan Benda Tajam, Perut Wanita Ini Dipenuhi Peniti hingga Ritsleting

Sonia Basoni - detikFood Senin, 26 Nov 2018 18:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Wanita asal India ini perutnya harus dibedah selama 3 jam. Setelah mengonsumsi benda tajam seperti perhiasan, peniti, jepitan rambut, hingga ritsleting.

Banyak benda aneh dan tak lazim yang ditemukan di dalam perut pasien wanita bernama Sangita. Melalui pemeriksaan sinar X-Ray, di bagian perut Sangita terdapat banyak benda berunsur logam. Tidak hanya di bagian perut, bahkan hingga peniti tersangkut di bagian rongga dada atasnya.

Baca Juga: Waduh! Wanita Ini Menderita Radang Usus karena Menelan Sobekan Kemasan Saus Tomat

Dilansir Daily Mail UK (14/11), para tim medis di Ahmadabad's Civil Hospital bahkan sempat mengeluarkan peniti yang tersangkut di rongga tenggorokan sangita.
Hobi Makan Benda Tajam, Perut Wanita Ini Dipenuhi Peniti hingga RitsletingFoto: Istimewa
Sebelumnya Sangita dilarikan ke rumah sakit sekitar satu bulan yang lalu, setelah mengeluh bahwa perutnya terasa sakit.

"Perut pasien ini sudah mengeras, akhirnya melalui sinar X-Ray terlihat bahwa ada peniti yang keluar dari paru-parunya," tutur Dokter Nitin Parmar, selaku ahli bedah yang menangani Sangita di rumah sakit itu.

"Satu jarum bahkan menusuk dinding perutnya, sehingga mengharuskan kami untuk mengambil tindakan bedah secepatnya," lanjut Dokter Nitin. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Sangita mengalami gangguan makan atau eating disorder yang cukup aneh.
Hobi Makan Benda Tajam, Perut Wanita Ini Dipenuhi Peniti hingga RitsletingFoto: Istimewa
Menurut hasil Statistical Manual of Mental Disorders, gangguan makan yang diderita Sangita adalah Acuphagia, masuk ke dalam Pica Condition.

Kondisi ini membuat pasien berkeinginan untuk memakan benda-benda kecil, yang tajam. Termasuk benda-benda yang tak memiliki kandungan nutrisi, seperti batu kerikil, pasir, cat, hingga debu.

"Acuphagia merupakan gangguan makan yang langka, di mana orang menyantap benda tajam atau benda kecil yang dapat ditelan dengan mudah," ungkap Dokter Nitin.

Pica sendiri masuk ke dalam kategori gangguan makan, yang melibatkan benda non-makanan yang dapat membahayakan tubuh.
Hobi Makan Benda Tajam, Perut Wanita Ini Dipenuhi Peniti hingga RitsletingFoto: Istimewa
Setelah melalui operasi bedah, Sangita kini masih dalam pemulihan dan diawasi ketat oleh tim medis hingga kondisinya stabil.

Kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya pria asal China harus melalui operasi bedah, setelah sendok berukuran besar tersangkut di tenggorokannya selama lebih dari satu tahun.

Baca Juga: Telan Sendok Demi Taruhan, Sendok Tersangkut di Tenggorokan Selama Setahun (sob/odi)