Prancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga Fantastis

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 13:30 WIB
Prancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga Fantastis Foto: Getty Images/anzeletti
Jakarta -

Jamur truffle putih memiliki harga jual tiga kali lipat lebih mahal dibandingkan jamur truffle hitam. Di Prancis jamur truffle putih ini mulai dibudidayakan dan siap dipasarkan.

Truffle merupakan jamur yang sering digunakan pada beberapa hidangan bergaya Eropa. Truffle ini merupakan tanaman sejenis jamur yang biasa tumbuh di hutan serta pegunungan di wilayah Eropa.

Secara fisik, truffle mungkin tidak akan terlihat begitu menarik. Faktanya, truffle menjadi salah satu bahan makanan termahal yang ada di dunia.

Truffle memiliki jenis yang dibedakan berdasar warnanya, yaitu hitam dan putih. Harganya yang mahal membuat negara Perancis tertarik untuk mulai membudidayakan truffle putih ini.

Prancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga FantastisPrancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga Fantastis Foto: Getty Images/anzeletti

Sedangkan jamur truffle putih ini dijuluki 'the diamond of kitchen' karena harganya mahal. Disebut juga jamur truffle Alba. Karena tempat asal jamur ini adalah Alba, Italia. Selama ini hanya Alba yang memasok jamur truffle putih di dunia karenanya harganya mahal. Musim panen jamur ini bulan Oktober sampai Desember.

Baca Juga: White Truffle Dijual Rp 56 Juta per Kg, Kenapa Bisa Mahal?

Dilansir melalui Global Times (17/2), pemilik pembibitan tanaman Prancis telah bekerja sama dengan Lembaga penelitian Pertanian Nasional Perancis (INRAE) untuk mulai menjual secara lengkap bibit dengan spora truffle putih. Membudidayakan truffle putih tentunya bukan sesuatu yang mudah dilakukan.

Perlu diketahui bahwa untuk menanam truffle dibutuhkan lingkungan dengan kriteria khusus agar perkembangannya dapat maksimal. Pada tahap awal menanam truffle, dibutuhkan pemilihan tanah dan udara dengan kondisi khusus yang cocok dengan truffle.

Prancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga FantastisPrancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga Fantastis Foto: Getty Images/anzeletti

Jamur truffle hanya dapat tumbuh di tempat dengan suhu yang lembab, hangat pada siang hari dan dingin pada malam hari. Jamur truffle juga tidak bisa tumbuh di pohon sembarangan. Pohon pinus, ek dan hazel menjadi pohon yang cocok untuk tempat truffle tumbuh dengan baik.

Memiliki iklim yang cocok untuk truffle yang kemudian membuat Prancis memberanikan diri untuk memulai budidaya jamur truffle putih. Menanam truffle juga tidak bisa memberikan jaminan keberhasilan. Hasil baik atau buruk dari menanam truffle hanya bisa dilihat setelah 4-6 tahun penanaman.

Tetapi selama 2 tahun terakhir, truffle mulai berhasil ditanam dan banyak dipanen di Prancis bagian barat daya. Hal ini yang kemudian menguatkan pemilik pembibitan tanaman Prancis bersama INRAE untuk mulai membudidayakan truffle putih di seluruh Prancis.

Prancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga FantastisPrancis Berhasil Budidayakan Jamur White Truffle yang Berharga Fantastis Foto: Getty Images/anzeletti

"Ini pertama kalinya truffle dipanen di perkebunan di luar wilayah geografis distribusi tumbuh truffle," kata Robin.

Sebelumnya, Prancis telah berhasil memproduksi sekitar 30 ton jamur truffle setiap tahunnya. Keberhasilan ini memunculkan harapan untuk Prancis dengan target menjual beberapa ribu anakan pohon truffle pada 2021.

Budidaya anakan pohon truffle ini bertujuan juga untuk membantu para petani dan kenaikan ekonomi Prancis. Jamur white truffle segar yang sudah dipanen memiliki harga jual sekitar Rp. 7,5 Juta per 100 gram. Tentunya ini akan sangat baik untuk membantu perekonomian warga setempat.

Baca Juga: Banyak Restoran Tutup, Jamur Truffle Mewah Dibagikan Gratis



Simak Video "Dessert untuk Berbuka: Kue Entremet dari Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com