Banyak Restoran Tutup, Jamur Truffle Mewah Dibagikan Gratis

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Jul 2020 07:00 WIB
An old man walking in a forest with his dog, searching white truffles under the ground. Foto: iStock
Jakarta -

Para petani jamur truffle terpaksa memberikan jamur mewah ini secara gratis untuk masyarakat. Hal ini karena banyak restoran tutup selama pandemi corona.

Dilansir dari Fox News (10/7) para petani truffle yang biasanya kewalahan menerima pesanan, kini harus rela membagikan truffle mewah ini secara gratis. Sebagai dampak pandemi corona, banyak restoran yang terpaksa tutup. Tak ada lagi pesanan truffle untuk disajikan sebagai hidangan mewah.

Jamur truffle yang sudah dipanen para petani akhirnya harus diberikan secara cuma-cuma untuk masyarakat yang tinggal di dekat lokasi panen truffle. Mike Collison, seorang petani truffle di Inggris mengatakan ia terpaksa memberikan truffle kepada masyarakat agar tak membusuk.

jamur truffle gratisjamur truffle gratis Foto: istimewa/foxnews


Baca juga : Tajir Melintir, 5 Seleb Ini Doyan Jamur Truffle yang Harganya Jutaan Rupiah

Mike bahkan menyebutkan, ia memiliki truffle senilai $37.000 (Rp 535 juta) yang tak terpakai karena hampir seluruh restoran di Inggris tutup. Menurutnya, tanpa restoran mewah yang memesan, truffle ini sama sekali tidak berharga. Daripada terbuang percuma, Mike memutuskan untuk memberikan truffle ini kepada masyarakat.

"Truffle ini biasanya dijual secara grosir ke restoran mewah. Pihak restoran biasa menambahkan truffle pada makanan atau sebagai campuran mentega. Kami menjual ke beberapa restoran lokal di Ludlow, Midlands dan beberapa di London - kami menjual kepada siapa saja yang akan menerimanya. Masalahnya adalah hampir semua restoran ditutup dan baru saja dibuka kembali untuk pengunjung terbatas, jadi kami belum sempat menjualnya," jelas Mike.

Meskipun truffle hasil panennya kali ini tak menghasilkan pundi-pundi uang, tapi Mike optimis masih ada restoran yang akan membelinya pada beberapa bulan kedepan. "Semoga kita masih bisa menjual ke restoran tahun ini saat mereka mulai beroperasi," katanya.

Tahun ini produksi truffle termasuk yang tinggi karena musim panas membuat truffle tumbuh subur. "Pertumbuhan truffle awal tahun ini karena musim panas yang merangsang produksi jamur aromatik ini," jelasnya. Setidaknya produksi jamur akan terus tumbuh selama empat hingga lima bulan ke depan.

jamur truffle gratisjamur truffle gratis Foto: istimewa/foxnews

Baca juga : Bisa Beli Rumah Mewah! Ini Harga Jamur Truffle yang Capai Rp 2 M per Kilogram

Puncaknya, truffle akan membeku di bulan November dan Desember ketika musim dingin tiba. Mike pasrah jika truffle yang sudah dipanen ini pada akhirnya tak laku dijual. Dengan memberikan truffle kepada masyarakat, Mike berharap banyak orang bisa menikmati truffle di rumahnya. "Agar orang yang belum pernah makan truffle atau tidak mampu membelinya, bisa mencoba," tambah Mike.

Dia melanjutkan, "Mereka menyukainya dan sangat berterima kasih. Mereka telah memasaknya dan menjadikannya sebagai taburan steak atau meletakkannya di atas telur. Anda dapat memilikinya sebagai hiasan di atas makanan apa saja. Sekitar 50 orang yang tidak pernah mencoba truffle, sekarang sudah mencobanya dan saya belum mendengar keluhan. "



Simak Video "Main Game Sambil Isi Perut di Gamer's Paradise"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)