White Truffle Dijual Rp 56 Juta per Kg, Kenapa Bisa Mahal?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 03 Jan 2021 08:00 WIB
Alasan mengapa harga white truffle bisa mahal Foto: Business Insider
Jakarta -

White truffle adalah jenis jamur istimewa berharga fantastis. Harganya mencapai Rp 56 jutaan per kilogram. Kenapa ya harga white truffle bisa mahal?

Banyak makanan mewah yang memiliki harga fantastis. Salah satunya white truffle yang begitu istimewa karena sangat sulit ditemukan.

White truffle adalah jamur dengan aroma dan rasa yang unik. Aroma dan rasanya lebih kuat dari black truffle. Hal inilah yang membuat makanan makin terasa lezat saat dicampurkan dengan truffle.

Pada 2014 lalu, white truffle terbesar di dunia dibawa ke New York, Amerika Serikat dengan penjagaan yang ketat. Jamur ini ditemukan di Italia dengan berat hampir 2 kg dan berhasil dilelang dengan harga 61,000 USD (Rp 867 juta).

Alasan mengapa harga white truffle bisa mahalAlasan mengapa harga white truffle bisa mahal Foto: Business Insider

Lantas apa yang membuat harga white truffle begitu mahal? Dilansir dari Bussiness Insider (26/10), setidaknya ada 40 spesies truffle di dunia. Namun, banyak di antaranya yang tidak dapat dimakan.

Baca Juga: Ini Alasannya Jamur Truffle Harganya Selalu Mahal di Dunia

Banyak juga jenis truffle di supermarket, tapi jenis itu sama sekali tidak asli. Bahkan banyak dijual minyak truffle yang murah.

Truffle yang murah di pasaran menggunakan 2,4 dithiapentane, merupakan senyawa sintesis yang mengandung aroma utama mirip dengan truffle. Padahal truffle yang benar-benar asli begitu mahal harganya.

Truffle asli bersifat musiman dengan umur simpan yang pendek. Umumnya truffle hanya muncul beberapa bulan dalam setahun.

Alasan mengapa harga white truffle bisa mahalAlasan mengapa harga white truffle bisa mahal Foto: Business Insider

Bahkan, ketika Anda mendapatkannya umur simpannya juga begitu pendek. Hanya dalam 5 hari, aroma truffle yang menyengat akan berkurang setengahnya.

Karena sulit dicari, biasanya para pemburu truffle menggunakan anjing pelacak untuk mengenali aroma truffle tersebut. Truffle sebenarnya bisa tumbuh di seluruh dunia, tapi iklimnya harus yang baik.

Alasan mengapa harga white truffle bisa mahalAlasan mengapa harga white truffle bisa mahal Foto: Business Insider

Sekarang ini banyak orang yang membuka kebun untuk membudidayakan truffle. Tapi, itu tidak mudah karena mereka harus menanam pohon dalam kondisi tanah yang tepat. Setidaknya memerlukan waktu hingga 6 tahun untuk memanen truffle.

Harga truffle per 80 gram saja bisa dibanderol 100 USD (Rp 1,4 juta). Tak heran kalau harga per kilogramnya sekitar 4,000 USD (Rp 56,8 juta).

Baca Juga: Chef Professional Tolak Memakai Minyak Truffle, Kenapa?



Simak Video "Main Game Sambil Isi Perut di Gamer's Paradise"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com