Wajib Coba! Ini 5 Bakso Gerobakan Paling Terkenal di Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 14:00 WIB
bakso gondrong Foto: Devi S. Lestari / detikFood
FOKUS BERITA Bakso Kekinian
Jakarta -

Musim hujan enaknya makan bakso yang gurih hangat. Bakso gerobakan paling terkenal di Jakarta ini bisa jadi pilihanmu. Ada bakso favorit keluarga Cendana lho!

Walaupun saat ini kreasi bakso unik banyak tersebar di Jakarta seperti bakso iga, bakso keju, bakso lobster, dan lainnya, namun pesona bakso gerobakan yang klasik masih jadi primadona untuk penikmat bakso.

Penyajian bakso gerobakan memang tak begitu istimewa. Hanya berupa butiran bakso kecil atau besar yang ditambahkan mie kuning atau bihun, sayuran, bawang goreng, seledri, dan disiram kuah kaldu gurih.

Agar makin nikmat, bakso ini biasanya diracik dengan tambahan sambal, saus, kecap manis, hingga cuka. Paling enak menikmati semangkuk bakso gerobakan saat cuaca dingin.

Banyak bakso gerobakan enak yang bisa kamu temui di wilayah Jakarta. Sebut saja Bakso Cendana yang jadi favorit keluarga Cendana di Menteng. Lalu ada juga Bakso Gondrong di Tebet, hingga Bakso Adam yang selalu diantre.

Berikut 5 bakso gerobakan paling terkenal di Jakarta:

1. Bakso Cendana

bakso cendanabakso cendana Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Bakso Cendana adalah salah satu penjual bakso legendaris di Jakarta. Bakso gerobakan ini sudah ada sejak 1965. Dulunya Bakso Cendana berjualan di Jalan Cendana, Jakarta Pusat.

Oleh karenanya, dikenal dengan sebutan Bakso Cendana. Konon, bakso ini juga jadi langganan keluarga Cendana atau keluarga mendiang Presiden Soeharto.

Kini Bakso Cendana tak lagi berjualan di pinggir jalan Cendana, melainkan pindah ke Jalan Teuku Umar No. 10, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Kamu juga bisa mencarinya lewat aplikasi Google Maps.

Sekilas bakso ini tak begitu terlihat istimewa, tetapi rasa kuah kaldunya sangat gurih dan berbumbu dan agak keruh. Untuk baksonya bukan tipe yang halus, melainkan kasar dan berurat. Tapi, teksturnya empuk dan juicy.

Baca Juga: Bakso Cendana : Ini Gurih Nikmatnya Bakso Favorit Keluarga Cendana

2. Bakso Gondrong

bakso gondrongbakso gondrong Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Tebet jadi destinasi kuliner populer di Jakarta Selatan. Salah satu pilihan kuliner enak di sini adalah Bakso Gondrong. Bakso ini dijajakan dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan.

Dua jenis bakso ditawarkan oleh Bakso Gondrong yaitu bakso urat dan bakso telur yang ukurannya cukup besar. Satu porsinya bisa disajikan bersama mie atau bihun, tahu, sayuran, dan bawang merah goreng.

Paling enak kalau menikmatinya dengan racikan sambal cabai rawit. Kelebihan lain dari Bakso Gondrong ini adalah tidak menggunakan MSG. Satu mangkuk bakso yang enak ini dibanderol harga Rp 20.000-an.

Baca Juga: Bakso Gondrong : Ini Bakso Urat dan Bakso Telur yang Paling Populer di Tebet

3. Bakso Adam

bakso adambakso adam Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Bakso Adam sempat menyita perhatian pencinta bakso karena selalu ramai diantre pembeli. Penjual bakso ini tidak berjualan di kios, tetapi hanya di gerobak sederhana yang berada di kawasan Pasar Glodok, Jakarta Barat.

Bakso Adam buka sore hari, mulai dari pukul 16.00 WIB. Tapi, sebelum gerobak bakso ini datang sudah banyak pencinta bakso yang mengantre. Apa sih istimewanya Bakso Adam?

Terdapat 3 jenis bakso di sini yaitu bakso polos, urat, dan gepeng. Kuah baksonya agak keruh, rasanya gurih.

Seporsi bakso bisa dinikmati dengan bihun atau kwetiau, tetelan sapi, dan jeruk limo agar makin segar. Harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp 20.000-an.

Baca Juga: Bakso Adam : Rela Antre Demi Semangkuk Bakso yang Hits di Glodok

4. Bakso Yanto

bakso yanto, cempaka putihbakso yanto, cempaka putih Foto: dok.detikFood

Pecinta bakso jangan lupa untuk menikmati Bakso Yanto yang sudah ada sejak 1974. Sesuai namanya, bakso gerobakan ini milik Pak Yanto yang merupakan orang asli Solo.

Lokasi Bakso Yanto ni ada di kawasan Cempaka Putih, tak jauh dari Masjid Jami Al-Falah. Ada 3 jenis bakso yang ditawarkan di sin yaitu urat, bakso telur, dan bakso jumbo.

Kuah kaldu yang digunakan juga agak keruh, rasa gurihnya sangat terasa. Tekstur baksonya kenyal, namun tetap empuk dan rasanya gurih. Tambah nikmat kalau diberikan racikan sambalnya yang pedas. Harga per porsinya sekitar Rp 20.000-Rp 30.000-an.

Baca Juga: Bakso Yanto: Aduh Enaknya! Gurih Kenyal Bakso dari Kedai Bakso Berusia 44 Tahun

5. Bakso Pak De BCA Puri

bakso pak de bca pasar puribakso pak de bca pasar puri Foto: Instagram @kyirfano

Bakso gerobakan satu ini juga jadi perbincangan pencinta bakso. Dikenal dengan nama Bakso Pak De BCA Puri karena lokasinya yang berada di Ruko Pasar Puri Indah tepat di samping Bank BCA.

Untuk menikmati semangkuk gurih dan hangatnya bakso di sini kamu harus rela mengantre. Karena banyak sekali orang yang penasaran dengan kelezatan bakso gerobakan tersebut. Jam operasionalnya dari pukul 15.00 WIB.

Bakso yang ditawarkan di sini ada bakso urat kecil, bakso urat besar, bakso telur, dan bakso halus. Satu porsinya dibanderol harga Rp 17.000.

Tekstur baksonya kenyal dan tetap empuk, rasanya juga gurih. Untuk kuahnya sangat bening, bisa kamu racik dengan tambahan sambal yang mantul!

(yms/adr)
FOKUS BERITA Bakso Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com