Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 16:30 WIB
Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/yoepro
Jakarta -

Di media sosial beredar banyak informasi soal cara menyembuhkan Covid-19. Wanita ini pun meyakini kabar minum urine bisa jadi salah satu solusi atasi Covid-19.

Ada banyak informasi yang beredar di media sosial mengenai cara alami untuk menyembuhkan Covid-19. Mulai dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal karena justru bisa membahayakan kesehatan.

Salah satu yang terbaru adalah anjuran minum minyak kayu putih. Konsumsi minyak kesehatan ini disebut-sebut efektif menangkal dan mengobati Covid-19.

Minyak kayu putih konon bisa dicampur dengan air atau teh panas kemudian diminum. Melalui Instagramnya, dr. Adam Prabata menegaskan jika minyak kayu putih secara medis belum terbukti bermanfaat untuk mencegah atau mengobati Covid-19.

eucalyptus essential oil in bowl, with eucalyptus leaves on wooden backgroundMinyak kayu putih Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz

Sebaliknya, konsumsi minyak kayu putih justru dinilai berbahaya. "Meminum minyak kayu putih dapat mengakibatkan risiko keracunan dengan berbagai efek pada tubuh, terutama pada sistem saraf dan pernapasan," tulisnya seperti dikonfirmasi detikfood (19/2).

Lalu ada juga yang menyebut konsumsi urine bisa jadi solusi untuk menyembuhkan Covid-19. Informasi ini viral di kalangan masyarakat Inggris.

Terbukti, menurut News18 (19/2), seorang wanita di London 'termakan' dengan informasi yang kebenarannya belum jelas itu. Selama empat hari berturut-turut, ia meminum urine miliknya sendiri.

Tak hanya itu, ia juga membuat anak-anaknya melakukan hal serupa. Rupanya wanita ini nekat meminum urine usai melihat video WhatsApp yang diteruskan (forward) temannya.

Wanita ini juga mengatakan dirinya tidak percaya efektivitas vaksin Covid-19. Ia lebih memilih pengobatan alternatif atau tradisional. Karenanya ia tak ragu mengikuti anjuran minum urine yang dilihatnya via WhatsApp.

Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/yoepro

Setelah empat hari minum urine, wanita itu sadar kalau cara ini sesungguhnya tidak bekerja. Ia tidak mendapat manfaat apapun dari meminumnya.

Baca Juga: Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi untuk Kesehatan

Sebenarnya minum urine demi tujuan kesehatan bukan hal baru. Sejak lama terapi urine dijalani banyak orang di dunia.

Misalnya John Moniz-DePass di Kanada. Setiap pagi selama lima kali dalam seminggu ia akan meminum urine sendiri. Ia beranggapan minum urine bisa membuatnya lebih berenergi.

John bahkan bilang rasa sakit di tubuhnya menghilang usai minum urine. Ia juga tidur lebih nyenyak dan lebih mudah berkomunikasi.

Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/yoepro

Namun perlu diketahui, meminum urine juga bisa membahayakan kesehatan. Hal ini disampaikan ahli gizi bernama Amanda Ursell. Ia mengklarifikasi pemberitaan mengenai kebiasaan John ini.

"Jika Anda mengganti makanan dengan air urine, Anda cenderung akan menderita berbagai masalah kesehatan dibandingkan menyembuhkan penyakit tersebut. Urine sebenarnya merupakan cairan yang yang tidak dibutuhkan tubuh, karena semua manfaatnya sudah terserap di tubuh. Jadi mengapa Anda harus meminumnya kembali?" kata Amanda.

Baca Juga: Gara-gara Hobi Minum Air Kencing, Pria Ini Dijauhi Istrinya

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com