Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi untuk Kesehatan

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Sep 2020 09:01 WIB
Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi Foto: times of india
Jakarta -

Menjalani pola hidup sehat, aktor Bollywood Akshay Kumar rutin minum urine sapi setiap hari. Apa khasiatnya?

Akshay Kumar dikenal sebagai aktor Bollywood yang sudah memainkan banyak judul film. Beberapa film yang pernah dibintangi olehnya adalah Kesari, Hera Pheri, Rustom, Sooyavanshi dan masih banyak lagi. Di tengah kesibukannya sebagai aktor, Akshay Kumar selalu menerapkan gaya hidup yang sehat.

Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine SapiAktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi Foto: times of india

Aktor kelahiran 9 September 1967 tersebut menjalani pola diet ketat dan rutin berolahraga. Bahkan ia selalu mengkampanyekan kebiasaan gaya hidup sehat untuk orang lain. Tapi baru-baru ini Akshay menghebohkan publik dengan pengakuannya di media sosial.

Baca Juga :Gara-gara Hobi Minum Air Kencing, Pria Ini Dijauhi Istrinya

Melalui live Instagram dengan petualang satwa liar, Bear Grylls, Akshay membeberkan rahasia kebugaran fisiknya yang didapatkan karena rutin mengonsumsi urine sapi setiap hari. Menurut Ayurveda atau ilmu kesehatan dari India, urine sapi disebut juga gomutra dianggap cukup bermanfaat.

Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine SapiAktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi Foto: times of india

Sesuai dengan sistem pengobatan alternatif berusia 1.000 tahun, urine sapi merupakan sumber alami dari banyak mineral. Jika dikonsumsi manusia dapat membantu tubuh mengatasi berbagai kekurangan nutrisi. Itu karena sapi saat di ladang banyak makan daun obat dan itu ditemukan dalam sisa-sisa urine sapi.

Di India, urine sapi selalu dimanfaatkan untuk tujuan terapi sejak lama. Bahkan urine sapi yang hamil diklaim lebih sehat karena memiliki kandungan hormon dan mineral khusus. Lebih lanjut, dalam Ayurveda juga disebutkan khasiat lain urine sapi adalah untuk mengobati kusta, sakit perut, kembung, diabetes dan kanker.

Untuk mengobati demam, urine sapi dicampur dengan lada hitam, dadih, dan ghee. Sementara untuk mengatasi anemia, urine sapi dicampur dengan triphala dan susu sapi, seperti yang dilansir dari Times of India (11/09).

Aktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine SapiAktor Bollywood Akshay Kumar Rutin Minum Urine Sapi Foto: times of india

Mengejutkannya lagi, urine sapi juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik seperti sabun dan sampo. Namun, khasiat urine sapi yang telah disebutkan dalam Ayurveda tidak terbukti secara ilmiah.

Urine sapi memang kaya akan mineral seperti natrium, kalium, kreatinin, fosfat dan sel epitel, tapi sains tidak mendukung bahwa mengonsumsi urine sapi dapat berkhasiat untuk kesehatan. Penjelasan secara ilmiah menyebut bahwa urine sapi baik untuk memperkaya tanah, bukan untuk mengobati masalah kesehatan.

Baca Juga : 5 Kisah Pemaksaan Minum Air Kencing Ini Bikin Miris



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)