5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 15:00 WIB
5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit! Foto: Getty Images/BanksPhotos

2. Sindrom Frey

Sindrom Frey atau Frey Syndrome merupakan suatu kondisi langka yang akan terjadi pada seseorang setelah menjalani operasi di sekitar kelenjar parotid. Kelenjar parotid merupakan kelenjar ludah yang berada di bawah telinga. Misalnya operasi pengangkatan tumor, kanker kulit atau operasi plastik.

Kondisi ini dialami pasien yang baru saja menjalani operasi kelenjar parotid, meskipun jarang namun tetap mungkin terjadi. Sindrom frey biasanya hanya terjadi di salah satu sisi wajah saja.

"Ini hanya keringat yang menetes. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, hal itu bisa diatasi dengan cara suntik botox," kata Dr. Pariser.

3. Kerusakan Neuropati

5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit!5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit! Foto: Getty Images/BanksPhotos

Kerusakan neuropati bisa disebabkan penyakit diabetes. Orang yang memiliki neuropati otonom diabetes mungkin akan berkeringat di dahi, sekitar wajah, kepala dan leher setelah mengunyah makanan.

Dalam hal ini, saraf akan merangsang keringat ketika mereka seharusnya tidak berfungsi seperti itu. Hal ini akan terjadi ketika pasien diabetes mengunyah bahan makan tertentu, terutama keju.

"Apa yang saya katakan kepada pasien adalah bahwa tidak ada masalah dengan kelenjar keringat mereka, itu adalah saklar yang mengendalikan mereka," kata Dr. Pariser.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tebar Kebaikan di Masa Pandemi, Uki Eks NOAH Buka Rumah Makan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com