5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 15:00 WIB
5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit! Foto: Getty Images/BanksPhotos
Jakarta -

Kamu sering berkeringat saat makan? Ternyata ini merupakan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.

Saat makan, tanpa disadari beberapa orang akan mengeluarkan banyak keringat. Hal ini paling sering terjadi ketika sedang menyantap makanan pedas atau panas.

Sensasi seperti mulut terbakar yang membuat badan terasa panas akan muncul. Tidak lama kemudian, seseorang akan merasakan keringat mulai turun di dahi.

Ternyata berkeringat saat makan bukan hanya disebabkan makanan yang dikonsumsi. Berkeringat saat makan bahkan bisa menjadi sinyal yang diberikan oleh tubuh atau bahkan gejala suatu penyakit.

Ada 5 alasan di balik berkeringat saat makan. Berikut informasinya seperti dikutip dari Livestrong (13/2):

1. Makanan Pemicu Keringat

5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit!5 Alasan Berkeringat Saat Makan, Waspadai Gejala Penyakit! Foto: Getty Images/BanksPhotos

"Saya jarang mendengar pasien mengatakan bahwa ketika mereka makan mereka berkeringat di seluruh tubuh. Ketika saya mendengar mereka berkeringat, pasien telah mengetahui bahwa saat mereka makan makanan tertentu, mereka berkeringat," kata ahli gizi David Pariser.

Menurut Hyperhidrosis Society, beberapa makanan memang bersifat memicu produksi keringat saat dikonsumsi. Makanan-makanan itu antara lain kopi, coklat, makanan pedas atau asam, makanan panas, alkohol dan hidangan manis.

Jika tidak ingin berkeringat, usahakan menghindari konsumsi makanan tersebut. Biasanya jika kamu memiliki kondisi medis yang harus diperhatikan, dokter juga akan melarang konsumsi beberapa jenis makanan.

Baca Juga: Kenapa Ya Wajah Memerah dan Berkeringat Saat Makan Pedas?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com