Berapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 14:00 WIB
Berapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/SarapulSar38
Jakarta -

Saat membeli makanan kaleng di supermarket, pertanyaan yang paling sering muncul adalah 'berapa lama makanan dapat bertahan?'. Simak jawabannya dari para ahli seperti berikut.

Makanan kaleng merupakan makanan kemasan yang dinilai sangat membantu di dapur. Makanan kaleng cocok dijadikan stok karena sifatnya yang praktis. Makanan kaleng tergolong bahan makanan siap masak atau beberapa bahkan hanya perlu dihangatkan untuk bisa dikonsumsi.

Seringkali konsumen memilih produk makanan kaleng yang tanggal kedaluwarsanya masih lama. Beberapa konsumen juga sering memilih makanan kaleng dengan tanggal produksi yang paling baru.

Ternyata, tanggal kedaluwarsa pada makanan kalengan selain susu formula bayi tidak begitu penting. Tanggal kedaluwarsa pada makanan kaleng sesungguhnya bukan tanggal kedaluwarsa makanan yang sebenarnya.

Berapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata AhliBerapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/SarapulSar38

Menurut Today (17/2), makanan kalengan bahkan masih mungkin untuk dijual di toko selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah tanggal kedaluwarsa mereka lewat. Hal ini juga sejalan dengan pernyataan BPOM Amerika (FDA) bahwa tanggal kedaluwarsa makanan kalengan tidak begitu penting kecuali pada kemasan susu formula bayi.

Baca Juga: Ini Cara Benar Membaca Kode Tanggal pada Makanan Kaleng

Aliansi makanan kalengan juga mengungkapkan bahwa jika disimpan dalam suhu yang relatif stabil, makanan kaleng akan bertahan pada kualitasnya bahkan hingga 2 tahun setelah diproses. Keamanan dan kandungan gizinya juga masih bisa bertahan selama 2 tahun setelah makanan didistribusikan.

Sebenarnya, banyak sekali faktor yang membuat makanan kaleng masih bisa bertahan lama baru kemudian berubah setelah beberapa tahun. Bahkan makanan kalengan yang disimpan pada suhu sedang berkisar 75 derajat Celcius ke bawah dapat bertahan tanpa batas waktu yang ditentukan.

"Industri makanan kalegan lebih suka menggunakan 'tanggal terbaik' dibandingkan dengan 'tanggal kedaluwarsa'," kata Ron Giles.

Berapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata AhliBerapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/SarapulSar38

Sebagai direktur jaminan kualitas pada salah satu produsen makanan kalengan, Giles juga mengatakan bahwa makanan kalengan tidak kedaluwarsa pada tanggal tertentu. Penyimpanan kedap udara dan tanpa oksigen yang membuat makanan kalengan dapat bertahan hingga sangat lama.

Tanggal terbaik yang dimaksud pada kemasan menunjukkan kualitas terbaik yang bisa dipertahankan oleh makanan tersebut. Setelah tanggal terbaik itu dilewati mungkin ada sedikit kualitas yang menurun, seperti warna, tekstur, rasa atau nilai gizi yang kurang optimal.

Secara umum, makanan kalengan yang lebih asam akan kedaluwarsa lebih cepat. Misalnya seperti buah dan sayuran kalengan. Sebaliknya, makanan dengan tingkat keasaman (pH) yang lebih rendah akan bertahan lebih lama.

Hal terpenting yang harus diperhatikan sebenarnya ada pada bentuk fisik kaleng itu sendiri. Pastikan kaleng masih tetap dalam keadaan sempurna. Karena kaleng yang kurang sempurna bisa jadi menandakan adanya kerusakan atau kebocoran segel kedap udara.

Berapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata AhliBerapa Lama Makanan Kaleng Dapat Bertahan? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/SarapulSar38

Perhatikan ciri fisik makanan kaleng dan pilih kaleng dengan keadaan yang paling baik. Ciri fisik yang harus dihindari misalnya kaleng berkarat atau membengkak.

"Ketika menyimpan makanan kalengan barang-barang yang lebih baru harus menuju ke belakang. Sementara, barang-barang yang lebih lama harus dimajukan agar mudah mengambilnya," kata Mandy Enright.

Jika kamu memiliki makanan kaleng di rumah yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa namun kondisi kalengnya masih baik-baik saja, kamu bisa menyumbangkan ke dapur umum. Hal ini bertujuan agar makanan kaleng tersebut segera dimasak habis tanpa harus disimpan lebih lama lagi atau jika memang sudah kedaluwarsa, mereka akan membuangnya dengan cara yang benar.

Baca Juga: Makanan Kaleng Berusia 25 Tahun dan Proses Hijrah Chef Haryo

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com