7 Kuliner Bandung Rekomendasi TasteAtlas, Berikut Tempat Mencicipinya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 11:00 WIB
Batagor enak di Bandung Foto: detikfood

5. Bajigur

Siapa tak kenal bajigur? Minuman hangat khas Jawa Barat ini juga identik sebagai kuliner Bandung. Bajigur yang manis pedas ini dibuat dari campuran beragam rempah.

Bahan utamanya ada jahe, gula aren, dan santan. "Minuman ini biasanya dinikmati bersama camilan tradisional seperti pisang, kacang, atau ubi kukus," tulis TasteAtlas.

4. Mie kocok

mie kocok haji dayongFoto: dok. DetikFood

Kuliner Bandung ini termasuk hidangan berkuah yang mengenyangkan. Mie kocok berisi irisan daging sapi, jeroan sapi, atau bakso dan dengan mie kuning tipis. Pelengkap lainnya ada kerupuk, tauge, daun bawang, dan bawang goreng.

TasteAtlas menyebut mie kocok disajikan bersama kuah kaldu sapi yang bening dan menyegarkan. "Ada sambal dan kecap yang disediakan sebagai pelengkap," tulis mereka. Mie kocok bisa dinikmati di Mih Kocok Bandung Mang Dadeng, Mie Kocok Mang Nanang Tea, Mie Kocok Karapitan, Mie Kocok SKM, dan Mie Kocok Persib.

Baca Juga: Haji Dayong: Gurih Mulur Mie Kocok Legendaris dari Pasar Andir

3. Batagor

Siapa tak kenal Batagor? Nama kuliner Bandung ini diambil dari singkatan "bakso tahu goreng" yang merupakan komposisi utamanya.

Batagor mendapat pengaruh dari hidangan China yang memang meninggalkan banyak 'jejak' di Indonesia. Batagor disebut sebagai wujud dumpling China di Indonesia. Batagor digoreng lalu disajikan bersama sambal kacang dan kecap manis.

TasteAtlas merangkum beberapa tempat menikmati batagor Bandung. Beberapa di antaranya adalah Batagor Kingsley, Batagor Abuy, Batagor Darto, Batagor Yunus, dan Batagor Riri Bandung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com