Bandung Raih Predikat Kota Terbaik Dunia untuk Makanan Tradisional

Yudha Maulana - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 13:00 WIB
Seblak Kikil Foto: iStock
Bandung -

Bandung meraih peringkat ketujuh dalam urutan Kota Terbaik di Dunia untuk Makanan Tradisional (World's Best Cities for Traditional Foods) versi TasteAtlas.

Seperti diketahui TasteAtlas merupakan situs asal Kroasia yang fokus mengulas soal makanan tradisional, resep lokal, restoran autentik dari seluruh dunia. Situs ini mengklaim telah membuat katalog 10.000 makanan dan minuman.

Dilihat detikcom pada Kamis (18/2/2021), Bandung terkenal akan makanan khasnya seperti mie kocok, batagor dan kupat tahunya. Sedangkan TasteAtlas menyebut restoran autentik terbaik di Bandung adalah Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit dan Cireng Cipaganti.

Penghargaan ini cukup bergengsi, mengingat Bandung bersanding dengan Paris (Prancis), Roma (Italia), Buenos Aires (Argentina), Istanbul (Turki), Mexico City (Meksiko), Kyoto (Jepang).

Bandung Raih Predikat Kota Terbaik Dunia untuk Makanan TradisionalBandung Raih Predikat Kota Terbaik Dunia untuk Makanan Tradisional Foto: Instagram @ridwankamil

Bahkan Bandung berada di peringkat yang lebih unggul dari Naples (Italia), Melbourne (Australia), Lisbon (Portugal), Beirut (Libanon), New Delhi (India), Bangalore (India), Bangkok (Thailand), Mumbai (India) dan Hongkong (China).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengucapkan selamat atas capaian Bandung tersebut. "SELAMAT! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya.

Ia pun meminta agar pelaku makanan tradisional lainnya seperti tutug oncom, batagor, surabi dan cendol untuk terus mempertahankan dan mempopulerkan panganan tersebut.

Dalam daftar World's Best Cities for Tradituonal Foods, Bandung menduduki urutan 7 dunia, setelah Kyoto, Jepang yang ada di posisi ke 6. Sementara urutan 1 dipegang Paris dan Roma di urutan ke 2.

Bakso Cuanki, a Sundanese street food dish of fried wonton dumplings and meatballs in hot beef broth.Bakso Cuanki, a Sundanese street food dish of fried wonton dumplings and meatballs in hot beef broth. Foto: iStock

Dalam akun Instagramnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuliskan:

'Salam Seblak,
SELAMAT untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN dari Taste Atlas Award 2020.

Kepada Om Tutug Oncom tolong Pertahankan.
Kepada Om Tigor Batagor tolong ditingkatkan.
Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan.
Kepada 'Ratu Elizabeth' Cendolnya tolong dipopulerkan.

Salam Seihah.



Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com