5 Makanan Khas Tuban yang Kini Masyarakatnya Tajir Mendadak

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 16:00 WIB
ampo Foto: iStock
Jakarta -

Masyarakat Kabupaten Tuban tengah ketiban rezeki nomplok setelah diketahui akan dibangun kilang minyak di kawasan ini. Banyak orang tajir mendadak yang borong ratusan mobil.

Pertamina rencananya akan membangun proyek kilang minyak di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, alhasil tanah dan tempat tinggal warga dibeli untuk nantinya dijadikan area kilang minyak. Uniknya, uang hasil penjualan tanah warga ini membuat masyarakat jadi tajir mendadak.

Dari uang miliaran rupiah ini, mereka kompak memborong 176 mobil hingga tanah di area lain. Bukan hanya akan dijadikan kilang minyak di Tuban, kabupaten ini juga terkenal dengan kulineranya yang kaya dan beragam.

Ada makanan unik dan super sederhana hingga makanan enak dengan bahan rajungan. Di Kota Wali ini juga ada serabi selong yang sayang kalau dilewatkan.

Berikut beberapa kuliner khas Tuban yang bisa dijajal kalau kamu jalan-jalan ke Tuban.

1. Becek Menthok

Olahan satu ini dibuat menggunakan daging menthok atau itik. Becek menthok terbilang sangat familiar dan mudah ditemui di banyak rumah makan tradisional. Hidangan dengan cita rasa pedas gurih ini juga kerap disajikan sebagai makanan istimewa saat hari spesial.

Becek Menthok terbuat dari daging itik yang sudah dibersihkan lalu dipotong-potong. Selanjutnya itik dimasak dengan cara diungkep bersama berbagai bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai, serai, lengkuas, jintan dan merica.

Untuk membuatnya jadi 'becek' ditambahkan santan kental dan dimasak hingga empuk. Sekali coba pasti langsung ketagihan. Apalagi daging itiknya dimasak hingga empuk dan rasanya gurih sedap.

2. Belut pedas

rujak belut Lamongan5 Makanan Khas Tuban yang Kini Masyarakatnya Tajir Mendadak
Foto: dok. detikFood


Di Kabupaten Tuban banyak terdapat sawah sehingga tidak sulit mendapatkan belut untuk dijadikan masakan. Salah satu menu belut andalan masyarakat Tuban adalah belut pedas.

Makanan ini terbilang legendaris karena sudah disajikan turun temurun. Sesuai dengan namanya, olahan belut ini punya rasa pedas nendang. Biasanya masyarakat Tuban menyantap belut pedas dengan nasi jagung.

3. Ampo

Kudapan unik khas Tuban ini tak ada di tempat lain, ampo hanya bisa dicicipi saat kamu ke Tuban. Ampo bukan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan melainkan dari tanah.

Tanah yang teksturnya liat, akan diolah dengan cara dipipihkan lalu digulung. Sebelum dimakan, ampo harus dijemur lebih dulu hingga kering. Camilan ini sangat populer di kalangan orang tua Tuban. Biasanya ampo disantap sambil menikmati kopi.

4. Kari rajungan

kari rajungankari rajungan Foto: 100 Maknyus Jalur Mudik

Satu lagi makanan khas Tuban yang tak boleh terlewat ialah kari rajungan. Rajungan banyak ditemui di daerah pesisir Tuban. Rasanya yang gurih dan pedas menjadikan hidangan ini kerap dijadikan teman makan nasi.

Kari rajungan dibuat dengan bumbu dan rempah berlimpah sehingga tak ada aroma amis sedikitpun pada masakan ini. Proses memasaknya pun masih tradisional mengandalkan kayu bakar. Tak heran kalau rasa bumbunya meresap maksimal.

5. Dumbek

Kalau mau menikmati kue tradisional khas Tuban, cobalah dumbek. Kue manis ini dikenal juga dengan sebutan clorot. Dibungkus menggunakan daun kelapa dengan cara melilitkan menjadi bentuk corong.

Dumbek punya rasa manis legit dan teksturnya lengket. Kudapan manis ini terbuat dari tepung beras, gula merah, santan dan daun pandan. Kamu bisa menemukan dumbek di pasar tradisional, biasanya dijajakan pagi sebagai menu sarapan masyarakat Tuban.



Simak Video "Bubur Mudhor Gratis untuk Berbuka Puasa di Tuban"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com