Kuliner Mudik dan Lebaran

Jangan Lupa Cicipi Sate Srepeh di Rembang hingga Kare Rajungan di Tuban

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Jun 2019 08:35 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Melintas jalur Pantura, di sepanjang Semarang hingga Tuban banyak makanan yang tak boleh terlewat. Apalagi ada kuliner khas yang jarang bisa ditemui di tempat lain.

Di jalur Semarang, Jepara, Kudus, Rembang hingga Tuban ada deretan makanan khas yang bisa jadi santapan memanjakan lidah. Cek yuk, apa saja makanan khas yang harus dicicipi.

1. Babat Gongso, Semarang
Jangan Lewatkan Sate Srepeh di Rembang hingga Kari Rajungan di TubanFoto: detikFood

Kalau singgah di Semarang, coba cicip seporsi babat gongso yang rasanya pedas manis dan bikin nagih. Olahan babat sapi yang dimasak dengan bumbu dan kecap manis ini makin enak saat dinikmati hangat dengan nasi putih.

Salah satu kedai legendaris yang punya babat gongso mantap adalah di Babat Gongso Pak Karmin Mberok. Di sini babat sapi diolah hingga empuk dan tak berbau. Oya, selain babat gongso ada juga alternatif lainnya yakni nasi goreng babat yang tak kalah nikmat.

Baca juga : Ini Racikan Babat Gongso dan Nasgor Babat Pak Karmin yang Melegenda

2. Pindang Serani, Jepara
Jangan Lewatkan Sate Srepeh di Rembang hingga Kari Rajungan di TubanFoto: Istimewa

Di kawasan pesisir Jepara ada menu pindang serani yang wajib dicicipi. Penggemar olahan ikan pastinya suka dengan sup ikan segar berkuah bening ini.

Biasanya pindang serani dibuat dengan bahan ikan bandeng, nila, mujair hingga ikan patin. Ikan yang dimasak dengan bumbu asam pedas ini semakin nikmat dengan tambahan sambal dan lalapan. Salah satu kedai pindang serani yang bisa disambangi ada di dekat Stadion Kamal Junaidi.

3. Soto Kerbau, Kudus
Jangan Lewatkan Sate Srepeh di Rembang hingga Kari Rajungan di TubanFoto: istimewa

Kudus dikenal dengan soto ayam dan soto kerbau yang disajikan dalam mangkuk porselen berukuran mungil. Soto dengan daging kerbau adalah yang patut dicoba.

Meskipun menggunakan daging kerbau tapi teksturnya empuk dan rasanya gurih. Kuah gurih soto semakin enak dengan taburan bawang putih goreng dan perasan jeruk nipis. Mantap!

4. Sate Serepeh, Rembang
Sate ayam kampung yang satu ini menawarkan kelezatan dibalik proses pembuatan yang unik. Sate serepeh khas Rembang disajikan dengan bumbu gurih bersantan.

Sate serepeh biasa dinikmati dengan nasi putih yang disajikan di wadah beralas daun jati. Kalau mampir ke Rembang coba mampir ke kedai Sate Serepeh Gandrung Mina yang punya sajian sate serepeh autentik.

Baca juga : Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang

5. Kari Rajungan, Tuban
Jangan Lewatkan Sate Srepeh di Rembang hingga Kari Rajungan di TubanFoto: 100 Maknyus Jalur Mudik

Kari atau kare rajungan mungkin hanya bisa ditemui di kawasan Tuban dan sekitarnya. Enaknya olahan seafood berbumbu pekat ini jadi hidangan yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu tempat makan yang rutin menyajikan menu ini yakni di Kare Rajungan Manunggal Jaya. Seporsi kare rajungan ini memang dibanderol dengan harga lumayan tinggi namun sebanding dengan ukuran dan rasa enaknya hidangan yang bikin nagih. (dvs/odi)