Bukan Diminum, Seniman Ini Menggoreskan Wine Jadi Lukisan Keren

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 13:00 WIB
Bukan Diminum, Seniman Ini Menggoreskan Wine Jadi Lukisan Keren Foto: Oditty Central
Jakarta -

Seniman muda asal Serbia, Sanja Jankovic menciptakan lukisan indah dengan menggunakan berbagai jenis wine. Ia memanfaatkan red wine, white wine dan rose wine sebagai pengganti cat untuk melukis.

Sanja Jankovic dikenal sebagai seniman yang kerap membuat karya seni menakjubkan. Ia menggunakan berbagai bahan unik yang tak biasa. Seperti salah satu karya lukisnya yang terbuat dari wine.

Minuman fermentasi buah anggur ini dijadikan cat warna untuk mengaplikasikan guratan seni di atas kanvas. Hasil lukisnya mengagumkan karena banyak orang yang tidak menyangka kalau lukisan ini sebenarnya terbuat dari wine.

Bukan Diminum, Seniman Ini Menggoreskan Wine Jadi Lukisan KerenBukan Diminum, Seniman Ini Menggoreskan Wine Jadi Lukisan Keren Foto: Oditty Central

Dilansir dari Oddity Central (17/2), pewarna yang digunakan ini cukup terbatas karena hanya meliputi 3 jenis wine yakni red wine, white wine dan rose wine. Tapi Jankovic mampu menghadirkan paduan warna yang cantik.

Lukisan wine karya Jankovic ini dinamai "winerelle". Uniknya, warna wine di atas kanvas ini lambat laun berubah. Semakin lama lukisan disimpan maka semakin tegas gambar guratan yang ditampilkan.

"Lukisan-lukisan indah ini berbeda dan menarik bukan hanya karena berbagai macam motif yang digambarkan sepanjang sejarah seni, tetapi juga karena fermentasi dan oksidasi membuat karya seni yang menakjubkan. Terlihat sedikit peralihan warna bercak wine dari merah dan ungu. menuju warna sepia, memiliki rentang warna yang terbatas namun indah yang tidak dapat ditiru oleh pigmen lain," kata Sanja Jankovic.

Pada awalnya, Sanja menggunakan semua jenis wine lokal hingga impor, dari Merlot hingga Rhone Riesling, tetapi seiring waktu ia menemukan bahwa masing-masing wine memiliki karakter berbeda. Setiap wine yang diaplikasikan ke atas kanvas menghasilkan warna berbeda.

"Winerelle, bentuk seni misterius yang bisa Anda gunakan untuk bersulang, sama seperti bahan pembuatannya - sangat enak," tulis seniman itu di Behance. "Dan seperti wine, lukisan ini mengalami fermentasi seolah-olah mereka hidup. Meskipun permanen, warnanya sedikit berubah seiring waktu, namun kontrasnya yang cemerlang tetap sama. "

Selama enam tahun terakhir, Jankovic telah menggunakan teknik winerelle untuk menciptakan berbagai karya seni yang lezat, mulai dari potret karakter Game of Thrones favoritnya, hingga replika Monalisa, potret ikon pop seperti Marylin Monroe, serta hewan dan lanskap.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com