Doa dan Tata Cara Memotong Ayam yang Benar Sesuai Syariat

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 07:00 WIB
Jumlah kalori pada daging ayam Foto: iStock/Doa dan Tata Cara Memotong Ayam yang Benar Sesuai Syariat
Jakarta -

Umat Islam diperintahkan untuk mengonsumsi makanan baik dan juga halal, seperti daging ayam. Hal itu bisa didapatkan dengan mengetahui doa dan tata cara memotong ayam yang benar.

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 168, Allah SWT berfirman

Arab: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Latin: yā ayyuhan-nāsu kulụ mimmā fil-arḍi ḥalālan ṭayyibaw wa lā tattabi'ụ khuṭuwātisy-syaiṭān, innahụ lakum 'aduwwum mubīn

Artinya: Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Bagaimana Tata Cara Menyembelih Ayam Sesuai Syariat?

Dikutip dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), menyembelih ayam dengan tata cara dan syarat yang tidak benar bisa menyebabkan daging menjadi tidak halal. Maka dari itu, penting bagi umat Islam mengetahui doa dan tata cara memotong ayam.

  • Syarat Menyembelih Alam

-Penyembelih harus beragama Islam, dewasa (baligh) dan berakal sehat. Selain itu, penyembelih harus memastikan ayam yang akan disembelih dalam keadaan hidup, sehat, dan bersih.

-Penyembelih harus membaca doa 'Bismillahi Allahu Akbar' atau 'Bismillahirrahmanirahiim' saat menyembelih ayam. Disunnahkan juga untuk menghadap ke arah kiblat.

  • Tata Cara Memotong Ayam

-Penyembelih tidak diperbolehkan adalah menyembelih sambil makan, minum, merokok atau aktivitas lain yang menyebabkan lalai dalam mengucapkan basmalah.

-Penyembelihan dilakukan pada pangkal leher ayam dengan memutuskan saluran pernafasan (trakhea/hulqum), saluran makan (esofagus/mari') dan dua urat lehernya (pembuluh darah di kanan dan kiri leher/wadajain) dengan sekali sayatan tanpa mengangkat pisau. Proses penyembelihan dilakukan dari leher bagian depan diantara ruas tulang leher ke 2 dan ke 3 serta tidak memutus tulang leher. Pisau yang digunakan harus setajam mungkin dan dalam keadaan bersih. Memastikan bahwa matinya ayam disebabkan oleh penyembelihan tersebut.

-Darah ayam dibiarkan keluar dengan waktu minimal 3 menit sebelum proses berikutnya (lebih baik dalam posisi digantung untuk memaksimalkan pengeluaran darah).

-Ayam yang akan masuk kedalam proses perendaman air panas harus dipastikan sudah mati (tidak ada reflek kornea mata dan darah berhenti memancar). Proses penanganan selanjutnya dilakukan dengan kondisi yang bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri, najis atau bahan haram.

Sahabat Hikmah, jangan lupa praktikkan doa dan tata cara memotong ayam ya!



Simak Video "Masak Masak: Resep Burger Isi Ayam Geprek Double"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya