Rasulullah Menganjurkan Makan Pakai Tangan Kanan, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 07:00 WIB
Rasulullah Menganjurkan Makan Pakai Tangan Kanan Foto: Getty Images/iStockphoto/simonapilolla
Jakarta -

Umat muslim dianjurkan untuk makan menggunakan tangan kanan dan melarang makan dengan tangan kiri. Ternyata ada hikmah dan makna mendalam di baliknya.

Aturan soal makan minum jadi salah satu hal yang banyak mendapat perhatian sejak zaman Rasulullah. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk makan dan minum menggunakan tangan kanan. Ternyata ada makna atas anjuran ini.

Dalam Islam, makan dan minum dengan tangan kiri sangat dilarang. Berbagai hadist menjelaskan alasan kenapa umat Islam harus makan menggunakan tangan kanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut anjuran Rasulullah untuk makan menggunakan tangan kanan.

1. Anjuran makan menggunakan tangan kanan

Rasulullah Menganjurkan Makan Pakai Tangan KananRasulullah Menganjurkan Makan Pakai Tangan Kanan Foto: Getty Images/iStockphoto/simonapilolla

Rasulullah SAW selalu menganjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas menggunakan tangan kanan. Bahkan sebelum makan pun Rasulullah menggunakan tangan kanan dan akan selalu mengucapkan basmallah.

Aisyah RA berkata, "Telah menceritakan kepada kami, dia berkata; telah mengabarkan kepadaku [Asy'ats bin Sulaim] saya mendengar [Ayahku] menceritakan dari [Masruq] dari ['Aisyah] radliallahu 'anha dia berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyukai tayamun (mendahulukan yang kanan) ketika bersuci, menyisir rambut dan memakai sandal."

Rasulullah juga pernah menegur sahabatnya, Umar bin Abi Salamah RA juga ditegur ketika sedang makan.

"Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah cara makanku setelah itu. (HR. Bukhari & Muslim)"

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "'RM Sahabat Minang', Sulap Gang Sempit Jadi Resto Padang Nikmat!"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com