Sudah Ada Sejak Zaman Nabi, Roti Jadi Makanan Favorit Rasulullah

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 19:30 WIB
Roti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Roti adalah makanan kuno yang hingga kini masih diolah dan dihidangkan. Roti bahkan jadi salah satu makanan favorit Rasulullah.

Berbagai olahan roti semakin berkembang, jenis dan variannya sudah sangat banyak. Roti sebenarnya bukanlah makanan baru, olahan terigu, air dan ragi ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan disebut sebagai salah satu makanan favorit.

Dari catatan sejarah, roti merupakan makanan olahan tertua di dunia. Para arkeolog bahkan menemukan bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa yang memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan. Batu ini diketahui digunakan untuk menumbuk makanan.

Tidak banyak yang tahu, roti pertama kali dikembangkan di daerah Mesopotamia dan Mesir. Roti juga jadi makanan pokok umat Islam, roti kuno ini dikenal dengan sebutan tanmur. Roti inilah juga yang jadi favorit Rasulullah.

Berikut beberapa fakta roti yang jadi makanan favorit Rasulullah.

1. Roti gandum favorit Rasulullah

Roti kesukaan RasulullahRoti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm


Roti gandum disebut sebagai salah satu makanan favorit Rasulullah, roti ini disantap dengan kaldu dan daging. Hidangan roti gandum ini dikenal dengan sebutan tharid.

Sebuah kisah disebutkan, Rasulullah pernah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumah salah satu istrinya. Ketika sampai, keduanya disuguhi roti gandum. Saat menyantap roti gandum ini Rasulullah mengucapkan kalimat singkat namun penuh makna.

"Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat," kata Rasulullah seperti diriwayatkan dalam hadist Ibnu Majah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Roti Tisu? Apaan Tuh?"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com