Buka Puasa dengan 5 Buah Kesukaan Nabi Muhammad yang Sehat Berkhasiat

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 16:30 WIB
buah tin Foto: iStock
Jakarta -

Hari ini umat muslim tengah menjalankan puasa sunah Tarwiyah jelang Idul Adha. Kalau kamu hari ini puasa, coba pilih berbuka puasa dengan buah kesukaan Nabi Muhammad yang kaya khasiat.

Puasa Tarwiyah dan Arafah yang dilaksanakan setiap tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah jatuh tepat tanggal 29 dan 30 Juli 2020. Sama seperti puasa Ramadhan, saat berbuka tentu ingin bersantap makanan yang segar. Kamu bisa memilih aneka buah favorit Nabi Muhammad sebagai menu berbuka puasa.

Selain segar, aneka buah ini juga menyehatkan dan memberi banyak khasiat untuk kesehatan. Beberapa buah kesukaan Rasulullah bahkan mudah ditemui di Indonesia.

Baca juga : Kurma hingga Anggur, Ini 10 Makanan Favorit Rasulullah

Berikut beberapa buah favorit Nabi Muhammad yang bisa jadi pilihan menu berbuka puasa.

1. Kurma

biji kurmabiji kurma Foto: istimewa


Kurma adalah buah andalan yang dianjurkan untuk disantap saat berbuka puasa. Termasuk saat puasa sunah, kamu juga bisa menyantap buah kurma. Nabi Muhammad selalu makan tiga butir kurma saat waktu berbuka puasa.

Kurma akan memanjakan lidah dengan rasa manis alaminya. Selain manis, buah kurma juga memiliki serat yang tinggi serta aneka nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan gula alami dalam kurma juga membantu menggantikan energi yang hilang selama berpuasa, jadi tubuh lebih cepat bugar dan segar.

Kurma bisa disantap langsung ataupun dijadikan olahan. Nabi Muhammad kerap menikmati kurma dengan cara direndam dalam air putih. Meskipun enak dan manis, tapi kurma tidak disarankan terlalu banyak dikonsumsi karena kandungan kalorinya sangat tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]