Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Lengkap dengan Arab dan Artinya

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 23 Nov 2020 09:00 WIB
doa makan Foto: iStock
Jakarta -

Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk membaca doa sebelum melakukan aktivitas, termasuk doa sebelum dan sesudah makan.

Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Ahmad menyebut, "Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya."

Berdasarkan hadits riwayat al-Bukhari No. 4957 diterangkan bahwa membaca doa sebelum makan yang sah dari Nabi adalah sebagai berikut:

"Umar bin Abu Salamah berkata; Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu." (HR. Al-Bukhari No. 4957)

Doa sebelum dan sesudah makan sesuai sunnah selain membaca bismillah

Doa sebelum makan

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

Artinya: ""Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engaku berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka, Bismillah.."


Doa sesudah makan

Doa setelah makan sesuai sunnah ini berdasarkan hadits riwayat Abu Daud dan Tirmidzi:


Artinya: "Artinya: Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan 'Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan dengan makanan ini dan mengaruniakan kepadaku tanpa tergantung dengan daya dan kekuatanku' Maka diampuni dosanya yang telah lalu."

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW juga mencontohkan pengucapan 'Alhamdulillah' setelah makan. Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum."

Nah, jangan lupa membaca doa sebelum dan sesudah makan ya detikers Sahabat Hikmah!



Simak Video "Bikin Laper: Mie Godhog Jawa yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com