Pamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat Netizen

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 15:30 WIB
Pamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat Netizen Foto: Facebook 1StopBorneo/Vice
Jakarta -

Iseng pamer foto saat tengah makan telur penyu. Satu keluarga ini langsung diburu dan dihujat netizen.

Populer di wilayah Asia, telur penyu sejak dulu sering diolah sebagai masakan yang mengundang pro kontra. Namun kini setelah populasi penyu terus menurun, konsumsi telur penyu dinilai sebagai tindakan yang ilegal.

Baca Juga: Daging Penyu Meningkatkan Stamina Pria, Mitos atau Fakta?

Hal ini lah yang membuat satu keluarga di Sabah, Malaysia menjadi bahan hujatan netizen.

Dilansir dari SAYS (16/02), awalnya ada satu keluarga yang mengunggah foto mereka saat makan malam. Memang tidak ada yang aneh dengan foto tersebut, tapi beberapa netizen cukup jeli untuk menemukan menu makanan aneh di sana.

Pamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat NetizenPamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat Netizen Foto: YouTube

Di dalam foto tersebut tampak hidangan seafood segar yang disajikan di atas daun pisang. Di antara seafood itu terdapat beberapa butir telur penyu sebagai makanan pelengkapnya.

Tentu saja hal ini memancing emosi netizen. Apalagi menjual atau mengkonsumsi semua jenis telur penyu dan kura-kura, termasuk ke dalam tindakan yang melanggar hukum di Sabah.

"Masih saja ada orang yang makan telur penyu! Foto ini diambil di Beluran, Sabah. Tolong berhenti makan telur penyu yang sudah terancam punah. Siapapun yang tahu orang-orang ini, tolong laporkan mereka ke polisi. Jika kalian melihat ada orang yang menjual atau memakan telur penyu, tolong segera laporkan mereka," tulis admin dari Facebook 1StopBorneo Wildlife.

Pamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat NetizenPamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat Netizen Foto: Facebook 1StopBorneo/Vice

"Pria yang ada di foto dan keluarganya harus dihukum. Makan telur penyu adalah tindakan yang ilegal di sini," kritik seorang netizen.

"Saya yakin orang-orang yang makan telur penyu di atas itu, hasil beli telur penyu bukan mencarinya sendiri. Cepat tangkap penjual telur penyunya," saran netizen.

"Tolong muka-muka keluarga ini jangan di blur, biar kita semua bisa tahu wajahnya," lanjut netizen.

"Tapi memang benar rasa telur penyu itu enak. Sekali coba pasti mau lagi. Tapi untungnya saya sudah berhenti makan telur penyu," pungkas netizen lainnya.

Pamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat NetizenPamer Makan Telur Penyu, Satu Keluarga Ini Dihujat Netizen Foto: Facebook 1StopBorneo/Vice

Hingga saat ini Departemen Satwa Liar di Sabah sudah mengetahui tentang permasalahan ini. Tapi menurut mereka, sampai saat ini belum ada yang melaporkan secara resmi tentang kejadian ini.

Diketahui sebelumnya bahwa menyantap daging penyu atau kura-kura terlalu sering, bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Mulai dari gejala keracunan ringan, sampai keracunan yang bisa merenggut nyawa.

Pemerintah Malaysia turut berperan aktif dalam menghentikan perdagangan telur penyu ini. Selain itu pihak e-commerce Shopee juga menyebutkan, bahwa mereka akan menghapus semua produk telur penyu di situs mereka.

Baca Juga: Telur Penyu Tingkatkan Vitalitas Pria? Faktanya Malah Bahaya!



Simak Video "Beginilah Perjuangan Menuju Pantai, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com