Telur Penyu Tingkatkan Vitalitas Pria? Faktanya Malah Bahaya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 16:00 WIB
Telur penyu Foto: Getty Images/iStockphoto/ymgerman
Jakarta -

Telur penyu banyak diburu karena dianggap bisa tingkatkan vitalitas pria. Padahal perdagangan telur penyu adalah hal ilegal di Indonesia.

Telur penyu disebut-sebut bisa meningkatkan vitalitas pria. Tak heran telur dari kura-kura laut ini selalu diburu. Bahkan sering kali ditemukan ratusan hingga ribuan telur penyu yang diselundupkan.

Di Indonesia, perdagangan telur penyu diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Disebutkan bahwa pelaku perdagangan telur penyu bisa diancam hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Adapun telur penyu banyak diperjualbelikan di Sumatera dan Kalimantan. Menu telur penyu rebus tidak terang-terangan dijual, namun tersedia jika ada yang memintanya. Pengonsumsi telur penyu meyakini manfaat seperti meningkatkan kesuburan, vitalitas pria, hingga gairah seksual dari konsumsi telur penyu.

Lantas seperti apa faktanya? Benarkah telur penyu begitu sehat dan berkhasiat? Atau justru ada bahaya mengintai di balik konsumsi telur penyu? detikFood merangkum fakta-faktanya seperti berikut:

Telur penyuTelur penyu Foto: Getty Images/iStockphoto/ymgerman

1. Mengambil telur membuat penyu punah
Mengambil telur penyu adalah tindakan ilegal di mata hukum karena berisiko membuat penyu punah. Pasalnya regenerasi penyu cukup lambat dimana penyu betina baru bertelur pertama kali pada usia 30-an. Setelah itu, penyu baru bertelur tiap 2 sampai 8 tahun sekali, tergantung jenisnya.

Saat bertelur, penyu biasanya menghasilkan 60-130 butir. Tapi tak semua telur bisa menetas dan berkembang jadi tukik hingga jadi penyu dewasa. Belum lagi banyak binatang dan manusia yang mengambil telur sehingga regenerasi penyu akhirnya terganggu.

Penyu juga punya peranan penting dalam menjaga ekosistem laut. Dituturkan Rahmad Santosa dalam Kompasiana, penyu belimbing contohnya, memakan ubur-ubur yang merupakan binatang laut pemakan anak ikan. Bisa dilihat kalau penyu adalah bagian penting dari mata rantai makanan yang menjaga ketersediaan ikan di laut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]