Gampang! Begini Cara Memotong Bawang Bombai ala Chef Profesional

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 11:30 WIB
cara memotong bawang bombai ala chef profesional Foto: iStock
Jakarta -

Seorang chef terkenal di TikTok membagikan tutorial memotong bawang bombai yang tepat. Cara ini sangat mudah ditiru dan sudah ditonton jutaan kali!

Bawang bombai banyak digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Teknik memotong bawang bombai dalam dunia memasak juga sangat beragam.

Dilansir dari Mirror (12/2) salah satu cara memotong bawang bombai yang benar ditunjukkan oleh chef cantik yang populer di TikTok. Adalah chef Poppy O'toole yang membagikan video tersebut.

"Memotong bawang bombai seperti profesional," tulis chef Poppy O'toole dalam keterangan video.

cara memotong bawang bombai ala chef profesionalcara memotong bawang bombai ala chef profesional Foto: TikTok @poppycooks

Baca Juga: Cara Menyimpan Bawang Putih Awet ala Chef William Gozali, Tahan 6 Bulan!

Lantas bagaimana cara memotong bawang bombai itu? Pertama, satu buah bawang bombai berukuran besar diiris pada bagian ujungnya. Setelah itu, belah bawang bombai menjadi dua bagian.

Cara ini akan memudahkanmu dalam mengupas bawang bombai. Setelah bawang bombai selesai dikupas, setengah bagian bawang bombai diiris tiga kali secara horizontal tanpa terputus.

cara memotong bawang bombai ala chef profesionalcara memotong bawang bombai ala chef profesional Foto: TikTok @poppycooks

Kemudian, iris kembali secara vertikal sebanyak 4-6 kali tanpa terputus. Selanjutnya kamu tinggal memotong bawang bombai itu sampai habis.

Hasilnya bawang bombai akan terpotong dalam bentuk kotak-kotak kecil dan bisa langsung digunakan sebagai bumbu tumisan sayur, olahan daging, atau saus. Ikuti langkah ini pada setengah sisa bawang bombai lainnya.

Video tutorial cara memotong bawang bombai yang dibagikan oleh chef Poppy O'toole ini sudah ditonton lebih dari 3,6 juta kali. Sebanyak 490 ribu pengguna TikTok juga menyukainya karena mudah dimengerti.

cara memotong bawang bombai ala chef profesionalcara memotong bawang bombai ala chef profesional Foto: TikTok @poppycooks

Selain cara memotongnya, kamu juga bisa melakukan cara ini agar saat memotong bawang bombai matamu tidak perih. Netizen TikTok dengan akun @jayceebaso pernah memberikan tipsnya.

Menurut Jaycee, bawang bombai itu harus disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas beberapa saat sebelum memotongnya. Ini agar aroma tak sedap dari bawang bombai tidak tercium, serta dapat mengurangi perih pada mata saat dipotong.

Baca Juga: Tanpa Perih di Mata! Ini Tips Potong Bawang Bombai ala Netizen TikTok

@poppycooks

Reply to @kelliepooler THIS WILL CHANGE YOUR LIFE! How to cut your onions like a pro 🧅🔪 ##onions ##knifeskills ##masterclass ##howto

♬ Put Your Head on My Shoulder - Paul Albert Anka


Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com