Tanpa Perih di Mata! Ini Tips Potong Bawang Bombai ala Netizen TikTok

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 04 Apr 2020 09:00 WIB
Trik potong bawang bombai Foto: iStock
Jakarta -

Saat potong bawang bombai sering kali mata terasa perih. Netizen TikTok berikan tips cepat memotong bawang bombai dan tidak perih. Yuk, coba!

Bawang bombai merupakan jenis bawang yang bentuknya besar. Kulitnya berwarna kecokelatan dan bagian dalamnya ada yang berwarna putih kekuningan hingga merah keunguan.

Bawang bombai banyak dijadikan bumbu untuk masakan. Karena dapat menambah cita rasa serta aroma yang harum. Ketika diolah, bawang bombai memiliki rasa gurih manis.

Trik potong bawang bombaiTrik potong bawang bombai Foto: iStock

Bawang bombai tentunya harus dikupas dan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum digunakan. Banyak orang tidak suka memotong bawang bombai karena bisa menimbulkan efek perih pada mata.

Baca Juga: 5 Fakta Bawang Bombai yang Kini Lebih Mahal dari Daging Sapi

Timbulnya rasa perih pada mata ini dikarenakan adanya zat asam sulfur yang dapat mengiritasi mata dan membuat Anda menangis. Agar mata tidak perih saat mengiris bawang bombai, ada tips yang bisa Anda ikuti.

Tips ini dibuat oleh salah seorang netizen di TikTok dengan akun @jayceebaso. Dalam video berdurasi singkat tersebut wanita bernama Jaycee memotong salah satu bagian ujung bawang bombai lalu membelahnya jadi dua bagian.

Trik potong bawang bombaiTrik potong bawang bombai Foto: Istimewa

Barulah ia mengupas kulit bawang bombai. Setelah itu Jaycee membelah bawang bombai secara horizontal namun tidak sampai terputus. Dilanjutkan dengan memotong-motong bawang bombai secara vertikal.

Langkah memotong bawang bombai itu memberikan hasil cincangan kasar berbentuk persegi. Cara ini sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Tips berikut bisa Anda tiru jika tidak ingin merasakan perih saat memotong bawang bombai dalam jumlah banyak.

Trik potong bawang bombaiTrik potong bawang bombai Foto: Istimewa

Jaycee juga menambahkan untuk menyimpan bawang bombai di dalam kulkas beberapa saat sebelum memotongnya. Ini agar aroma tak sedap dari bawang bombai tidak tercium, serta dapat mengurangi perih pada mata Anda.

Baca Juga: Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang Bombay

@jayceebaso

Here's a lil hack for dicing an onion super quickly 🧅🤠 (If you haven't seen it already)

♬ Savage - Megan Thee Stallion


Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)