Bakso Kekinian

Selera Zaman Now Bikin Bakso Makin Beragam Rasanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 15 Feb 2021 19:00 WIB
Bakso Gunungkidul : Huahh! Bakso Cumi dan Udang Taichan yang Menyengat Lidah Foto: detikcom/Riska Fitria
FOKUS BERITA Bakso Kekinian
Jakarta -

Semakin berkembangnya zaman, kuliner bakso banyak variannya. Mulai dari rasa, bentuk hingga kuah yang dibuat lebih kekinian.

Bakso merupakan kuliner Indonesia yang disukai semua orang. Apalagi rasanya yang gurih hangat membuat bakso cocok disantap kapan saja. Sebenarnya bakso sendiri berasal dari China, tepatnya di wilayah Fuzhou, Fujian.

Bakso sudah ada sejak pemerintah Dinasti Ming sekitar abad ke-17. Saat itu ada seorang pria di China bernama Meng Bo membuat olahan daging untuk ibunya yang sedang sakit. Dagingnya dibentuk bulat karena terinspirasi dari kue mochi.

Baca Juga : 5 Bakso Unik di Indonesia, Pakai Kuah Comberan hingga Seberat 20 Kg

Mantul! Di Jombang Ada Bakso Lobster yang Gurih SegarSelera Zaman Now Bikin Bakso Makin Beragam Rasanya Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Makanan tersebut dinamakan bakso yang diambil dari dua kata, yaitu 'bak' yang berarti daging babi dan 'so' yang berarti kuah kaldu. Lalu, masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para imigran dari China.

Sejak saat itulah bakso diadaptasi oleh orang Indonesia. Seperti daging babi yang kemudian diubah menjadi daging sapi. Mengingat masyarakat Indonesia kebanyakan beragama Islam.

Semangkuk bakso dilengkapi dengan mie kuning, bihun, sawi, taoge, seledri, daun bawang dan diguyur dengan kuah kaldu yang gurih. Semakin bervariasi, setiap daerah di Indonesia bahkan punya racikan bakso tersendiri.

5 Tempat Jajan Bakso Lava dan Bakso Cabai Rawit yang Pedas NampolSelera Zaman Now Bikin Bakso Makin Beragam Rasanya Foto: detikfood/Zomato

Misalnya bakso Malang, bakso Purbalingga, bakso Wonogiri, bakso Solo, bakso Bandung dan masih banyak lagi. Setiap racikannya punya keunikan tersendiri mulai dari isian hingga cita rasanya.

Mengikuti perkembangan selera bakso juga alami perubahan. Bakso yang semula dikenal berbentuk bulat-bulat dengan kuah kaldu yang gurih, kini banyak dibuat dengan varian yang lebih kekinian.

Misalnya bakso beranak yang berupa bakso berukuran jumbo dan diisi dengan bakso-bakso kecil. Ada juga bakso tumpeng dan bakso iga yang ukurannya juga dibuat jumbo.

Bakso rusukSelera Zaman Now Bikin Bakso Makin Beragam Rasanya Foto: dok. detikFood

Selain itu, isian bakso juga dibuat makin beragam dan unik. Ada bakso isi keju, jamur, sayur, wagyu hingga isi buah-buahan seperti durian, rambutan dan tomat. Tak kalah kreatif, ada juga yang meracik aneka kuah bakso dengan berbagai rasa.

Kini di warung-warung bakso banyak yang menawarkan bakso dengan kuah taichan, kuah rawon, hingga kuah tomyam. Tanpa menghilangkan cita rasa bakso yang khas, sekarang tengah viral bakso seafood.

Berawal dari bakso lobster, kemudian menginspirasi banyak warung lainnya untuk membuat bakso seafood. Selain lobster, ada juga bakso kepiting, bakso cumi, hingga bakso udang.

5 Tempat Jajan Bakso Lava dan Bakso Cabai Rawit yang Pedas NampolSelera Zaman Now Bikin Bakso Makin Beragam Rasanya Foto: detikfood/Zomato

Jadi, isian seafood tersebut dililit oleh adonan bakso. Ukuran bakso yang lebih besar dengan isian seafood seringkali dicari banyak orang. Nah, di ulasan detikFood kali ini akan membahas serba-serbi tentang bakso kekinian.

Mulai dari keunikan bakso, proses pembuatan bakso hingga rekomendasi tempat makan bakso kekinian yang populer. Selain itu, kami juga akan memberikan tips membuat bakso untuk di rumah.

Tak ketinggalan warung bakso yang punya kreasi unik. Ada bakso Kameumeut dan bakso berlapis emas yang diracik oleh perempuan cantik. Supaya tak ketinggalan, pantau terus ulasan detikFood kali ini ya!

Baca Juga : 5 Bakso Gerobakan Mantul yang Murah dan Enak



Simak Video "Sedap! Bakso Bomber Isi Daging Cincang Khas Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Bakso Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com