5 Bakso Unik di Indonesia, Pakai Kuah Comberan hingga Seberat 20 Kg

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 12 Jul 2020 16:00 WIB
Bakso unik di Indonesia Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Bakso unik di Indonesia ini mengundang penasaran foodies. Ada yang memakai kuah 'comberan' hingga berukuran jumbo dengan berat 20 kg!

Bakso jadi makanan favorit banyak orang Indonesia. Berupa bola-bola daging yang kenyal dengan guyuran kaldu gurih dan pelengkap sayuran. Bakso makin enak diracik dengan sambal.

Jika bakso normal berbentuk bulat kecil atau sedang dengan isian, berbeda dengan bakso unik di Indonesia ini. Ada yang bentuknya seperti tumpeng, ukurannya jumbo, sampai memakai kaldu yang tidak bening.

detikFood merangkum 5 bakso unik yang hanya ada di Indonesia:

1. Bakso comberan

Bakso ComberanBakso Comberan Foto: Instagram diah_di

Nama comberan membuat bakso ini terdengar menjijikkan, namun jangan salah sangka karena rasanya tetap nikmat! Pemakaian nama comberan karena warna kuah bakso berwarna kehitaman, bukan bening. Kuah ini diracik dari keluak sebagai bahan utamanya.

Bakso comberan bisa ditemui di Jalan Walet, Beji, Depok. Nama populernya Bakso Bang Bewok atau Bakso Sampah. Semangkuk bakso di sini juga dilengkapi berbagai tulangan seperti ceker dan sayap. Harganya Rp 15.000 saja!

2. Bakso tumpeng

Bakso unik di IndonesiaBakso unik di Indonesia Foto: dok. detikFood

Dari Bantul ada bakso unik yang sempat viral. Namanya bakso tumpeng dengan bentuk mengerucut ke atas layaknya tumpeng. Tempat yang menjualnya adalah Lesehan Mbanyumili di Jalan Imogiri Timur Km 14.

Bakso tumpeng tersedia dalam ukuran S, M, dan L. Isiannya telur rebus dengan jumlah tergantung ukuran, mulai dari 1 sampai 10. Lalu bakso tumpeng disajikan dengan irisan tahu goreng yang renyah dan gurih.

Baca Juga: Viral! Ini Dia Tampilan Bakso Tumpeng yang Unik dari Jogja

3. Bakso 20 kg

Bakso unik di IndonesiaBakso unik di Indonesia Foto: dok. detikFood

Masih dari Yogyakarta, ada bakso unik dengan berat 20 kg sampai 45 kg! Bakso ini ditawarkan Bakso Klenger Ratu Sari yang ada di Jalan Wahid Hasyim Nomor 296 Nologaten.

Rumah makan bakso ini sudah ada sejak 2011 dan kerap jadi tujuan para foodies. Harga bakso di sini bisa mencapai jutaan rupiah per porsinya. Waktu untuk merebusnya juga bisa sampai 5 jam untuk ukuran 20 kg. Meski begitu tersedia pula bakso ukuran normal di sini.

Baca Juga: Bakso Klenger Ratu Sari : Siapa Mau Habiskan Bakso Super Jumbo 20 Kg

4. Bakso rusuk setan

Bakso unik di IndonesiaBakso unik di Indonesia Foto: dok. detikFood

Nama bakso ini memang menyeramkan, namun peminatnya justru ramai. Bakso rusuk setan menggunakan tulang rusuk sapi ukuran besar yang dibalut adonan bakso di bawahnya.

Porsi bakso ini bisa dinikmati sampai 4 orang dengan harga lebih dari Rp 100.000. Salah satu tempat yang terkenal untuk menikmatinya adalah Bakso Rusuk Joss. Mereka menyediakan dua jenis pelengkap bakso rusuk setan yaitu kaldu biasa dan kaldu jablay isi cabai rawit, sawi, dan tetelan.

Baca Juga: Bakso Rusuk Joss : Pedas Gila! Bakso Rusuk Setan dan Bakso Lava Berlumuran Cabai

5. Bakso tetelan yang ramai diantre

Bakso unik di IndonesiaBakso unik di Indonesia Foto: dok. detikFood

Bakso dengan tetelan sejatinya bukan hal baru, namun kreasi Bakso Adam di Glodok menarik perhatian sampai menuai antrean panjang. Bakso gerobakan ini punya menu andalan bakso halus, bakso urat, dan bakso gepeng.

Yang membedakan dari bakso lain, tetelan di sini dimasak terpisah. Pembeli bisa pilih mau potongan daging, kikil, atau sandung lamur. Pelengkap lainnya adalah kwetiau yang mulur. Bakso Adam sempat sangat hits di tahun 2018.

Baca Juga: Bakso Adam : Rela Antre Demi Semangkuk Bakso yang Hits di Glodok



Simak Video "Uniknya Bakso 'Comberan' Berkuah Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)