Rutin Sarapan Bisa Perkuat Imunitas dan Stamina Tubuh

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Feb 2021 05:00 WIB
Menu Sarapan Pagi Sehat untuk Memelihara Kesehatan Usus Foto: Getty Images/iStockphoto/JaronRaben
Jakarta -

Menyantap menu sarapan tidak bisa dianggap remeh, orang yang melewatkan sarapan sering gampang sakit. Nutrisi pada menu sarapan sangat penting karena bisa jadi sumber energi sekaligus menjaga imunitas.

Banyak orang menyepelekan menu sarapan dan melewatkan waktu makan pagi ini, padahal nutrisi dari makanan sarapan bisa jadi energi yang menunjang aktivitas. Banyak dampak buruk yang bisa terjadi pada orang yang kerap melewatkan sarapan.

Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan orang-orang yang punya kebiasaan melewatkan sarapan cenderung tidak siap menjalani hari. Tubuh belum mendapat asupan makanan namun sudah dipaksa melakukan sederet aktivitas.

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesRutin Sarapa Bisa Perkuat Imunitas dan Stamina Tubuh Foto: iStock


"Kalau kita melewatkan sarapan dampak yang luar biasa, ada dampak pendek dan jangka panjang. Jangka pendek itu dampaknya adalah kita akan menjalankan aktivitas sehari-hari dalam kondisi kadar glukosa darah rendah yang akan berdampak pada fokusnya seseorang menyerap informasi. Jika dilakukan terus menerus, metabolisme tubuh akan melakukan proses penghematan energi yang ujungnya memicu berbagai penyakit," kata Rita dalam webinar yang digelar Milo X Nestum bersama detikcom (14/2).

Lebih lanjut, Rita menjelaskan jika seseorang melewatkan waktu sarapan dalam jangka panjang maka akan berpengaruh pada gangguan asam lambung, sakit perut, rasa mual dan muntah.

Rita juga tidak setuju dengan pola makan gabungan seperti brunch yang menggabungkan antara sarapan dengan makan siang. Karena pola seperti ini tidak bisa memaksimalkan cara kerja metabolisme dalam tubuh.

Inilah salah satu penyebab kenapa orang yang jarang sarapan justru punya badan lebih gemuk. Secara tidak langsung, tubuh menunjukkan sikap 'balas dendam' karena rasa lapar yang ditahan sejak pagi hari.

Menu sarapan ini juga harus diperhatikan kandungan nutrisi serta porsinya. Rita menganjurkan dalam menu sarapan lengkap setidaknya harus mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk kegiatan pagi hari.

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

"Sarapan lengkap mengandung karbo kompleks, asam folat, zat besi, mineral. Selain zat gizinya, porsinya juga penting diperhatikan," beber Rita.

Dengan mengasup menu makanan sarapan bernutrisi, Rita memastikan tubuh akan memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat serta lebih berstamina dan kuat menjalani aktivitas.

Dalam kesempatan webinar ini juga dihadirkan Chef Steby yang menunjukkan beberapa menu sarapan simpel kaya nutrisi. Ada tiga alternatif sarapan yang dihadirkan yakni smoothie power energi yang berisi pisang, kurma, susu dan milo. Kemudian ada omelete telur dengan sereal Nestum dan ada pancake Nestum campur Milo.



Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com