Intip Inspirasi Sarapan Sehat bagi Keluarga ala Tyna Mirdad

Erika Dyah Fitriani - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 13:55 WIB
Tyna Kanna Mirdad -Milo Foto: Milo
Jakarta -

Sarapan menjadi hal penting untuk dilakukan setiap harinya agar asupan tubuh terpenuhi, guna menjaga daya tahan tubuh dan mood untuk dapat beraktivitas seharian. Untuk itu, Mom Influencer Tyna Kanna Mirdad selalu berupaya menjadikan waktu sarapan sebagai momen menyenangkan bagi keluarga yang tak boleh terlewatkan.

Selama pandemi, Tyna mengaku menemukan berbagai hobi baru seperti bersepeda, memasak di rumah, hingga menghabiskan waktu dengan menonton film dari layanan streaming Netflix. Ia pun menyampaikan, selalu bersemangat menunggu pagi hari untuk menyiapkan sarapan bagi keluarga di rumah.

"Aku gatau semua ibu-ibu merasakan hal yang sama atau tidak, tapi aku selalu excited menunggu pagi hari karena pagi kan masih segar. Terus anak-anak dan suami baru memulai aktivitas. Jadi yang paling exciting buat aku adalah ketika aku menyiapkan sarapan buat mereka, masak. Dan itu sudah dipikirin dari sebelumnya," ujar Tyna dalam webinar bertajuk Sarapan Active & Smart by MILO X NESTUM dan detikcom, pada Minggu (14/2/2021).

Dalam webinar bertemakan 'Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap', Tyna juga menyampaikan pentingnya sarapan bagi kesehatan keluarga, terutama anak-anak yang sedang berada di masa pertumbuhan. Untuk itu Ia selalu menjadikan waktu sarapan sebagai momen yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu bersama seluruh keluarga.

"Sarapan itu sangat penting, kita nggak pernah skip breakfast dan selalu sarapan. Itu buat kita penting karena ada masanya ketika skip breakfast itu kerasa banget malah jadi cranky, terutama anak-anak. Cranky dalam arti moody-an. Aku dari awal selalu menerapkan kalau sarapan itu bahkan lebih penting dari makan siang, karena kalau sarapannya berkualitas pagi-pagi sudah diawali sarapan berkualitas dan olahraga yang tepat itu pasti mood seharian akan sangat enak," pungkasnya.

Tyna Kanna Mirdad -Milo Foto: Milo

Oleh karena itu, Tyna mengaku telah membiasakan kegiatan sarapan di rumah bagi anak-anak dan keluarga sebelum memulai aktivitas. Menurutnya, keluarga bisa membangun habit atau kebiasaan untuk sarapan. Tyna menilai hal ini bukan sesuatu yang mendadak dibuatnya, akan tetapi harus melalui suatu proses. Seperti memberi contoh dan penjelasan mengenai pentingnya sarapan bagi anak-anak.

"Mereka harus kita beri contoh, jadi yang bikin mereka effortless untuk sarapan di pagi hari karena mereka tahu kalau itu mereka butuhkan di pagi hari untuk tubuh mereka. Untuk mereka, bukan untuk ibunya atau bapaknya, jadi lebih ke explanation gitu," terang Tyna.

Lebih lanjut Ia menjelaskan pentingnya terbuka dan memberi penjelasan mengenai pentingnya sarapan bagi anak. Bagi Tyna, menyiapkan sarapan yang kreatif dan menyenangkan untuk anak-anak itu penting, akan tetapi memberi penjelasan untuk anak-anak itu juga sama pentingnya.

Sebagai inspirasi, Tyna juga membagikan tips menyajikan sarapan untuk keluarga dengan caranya tersendiri. Yaitu dengan selalu menyiapkan buah dan sayur untuk anak-anak. Juga menyiapkan nutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan sarapan anak, baik itu berupa karbohidrat, protein, juga susu. Sebab menurutnya nutrisi tersebut memang dibutuhkan di pagi hari terlebih untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, Tyna juga berbagi cara agar anak-anak terbiasa dengan kegiatan sarapan. Yaitu dengan menyediakan dan memfasilitasi anak-anak dengan sarapan yang seru, variatif, dan menyenangkan. Salah satunya dengan mengkreasikan berbagai resep sederhana yang disukai anak-anak.

Tyna mengaku beberapa waktu belakangan senang mengkreasikan bahan dari MILO dan NESTUM menjadi menu sarapan keluarga. Seperti mencampur NESTUM dengan chocochips, juga membuat kreasi overnight oats dari NESTUM dengan tambahan buah-buahan yang dibiarkan semalaman di kulkas untuk disantap dengan nikmat keesokan paginya. Selain praktis, Ia menilai nutrisi yang dibutuhkan di pagi hari pun sudah terpenuhi dengan menu tersebut.

"Jangan pernah skip breakfast, tetap kreatif dalam menyiapkan sarapan untuk keluarga karena dari NESTUM saja aku sudah bisa bikin kreasi banyak banget. Aku juga menyarankan untuk tetap olahraga, karena yang menyemangati untuk tetap olahraga adalah setelahnya akan sarapan. Itu sesuatu yang berkesinambungan karena kalau tubuh sehat dan sarapannya sehat everybody's happy sekeluarga. Semangat terus untuk para ibu-ibu," kata Tyna.

Selain mengkreasikan menu, Tyna juga memberi inspirasi bagi para Ibu untuk mengajak anak terlibat di dapur dalam kegiatan masak sederhana. Termasuk juga saat menyiapkan sarapan. Menurutnya dengan membiarkan anak terlibat langsung, anak bisa dengan sendirinya belajar menyiapkan sarapan sendiri dan semakin menyukai momen sarapan.

Sebagai informasi, gelaran webinar ini juga dihadiri oleh Ahli Gizi dr Rita Ramayulis dan Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia Eka Herdiana. Serta hadir pula aksi spesial Chef Steby yang mengkreasikan empat menu menarik dari MILO x NESTUM, juga special performance dari Vidi Aldiano.

(ega/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com