Katering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk Sedekah

Devi Setya - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 13:30 WIB
Katering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk Sedekah Foto: twitter @SatyaPrapanca/instagram
Jakarta -

Mau sedekah makanan tapi budget terbatas? Di Jogja ada katering yang siap menyalurkan sedekah makanan, per porsi makanan hanya dibanderol Rp 5.000 saja alias nasi goceng.

Nasgoceng ini adalah sebuah katering murah meriah yang khusus bergerak untuk menghadirkan makanan yang akan dibagikan pada orang kurang beruntung. Sesuai dengan namanya, setiap porsi makanan dibanderol dengan harga goceng alias Rp 5.000 an.


Meskipun harganya murah meriah, porsi yang diberikan terbilang besar dan bukan porsi nasi kucing. Untuk harga goceng, makanan yang diberikan berisi seporsi nasi putih dengan lauk bihun, oseng tempe, telur dadar dan sambal.

Katering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk SedekahKatering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk Sedekah Foto: twitter @SatyaPrapanca/instagram

Untuk lauknya ini, para donatur bisa menambah lauk ikan pindang atau daging ayam suwir. Untuk lauk tambahan ini harga per porsinya dikenakan biaya Rp 2.000 saja.

Penasaran bagaimana cara ikut bergabung menjadi donatur? Kamu cukup membuka akun instagram @nasgoceng lalu hubungi nomor kontak yang tertera.

Siapapun boleh memberikan sedekah tanpa minimal nominal untuk nantinya disalurkan sebagai nasi bungkus. Misalnya ada donatur memberikan uang tunai Rp 100.000, nantinya akan dibuatkan 20 porsi nasi.

"Hai, di Jogja ada Nasgoceng, makan kenyang cuma Rp5.000. Saat ini hanya menerima pesanan min. 10 porsi. Sedia pesanan untuk katering, sedekah, Jumat Berkah, apa saja. WA 0812 8058 8064 untuk info lebih lanjut," kata Satya Prapanca, salah satu inisiator Nasi Goceng ini lewat cuitan twitternya.

Nasgoceng diinisiasi warga Jogja yang tergerak untuk membantu meringankan beban para pekerja nonformal. Gerakan Nasi Goceng ini pertama kali dilakukan pada Oktober 2020 dan hingga kini masih terus aktif menyalurkan sumbangan dalam bentuk makanan.

Setiap hari Jumat, jumlah porsi makanan yang dibagikan tidaklah sama karena tergantung donatur yang menyumbangkan uang. Setiap kegiatan penyaluran makanan selalu didokumentasikan dan dibagikan dalam foto serta video sebagai laporan transparansi.

Katering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk SedekahKatering Nasi Rp 5.000 Ini Siap Terima Pesanan untuk Sedekah Foto: twitter @SatyaPrapanca/instagram

Penerima sedekah nasi goceng ini bervarian mulai dari pemulung, tukang becak, pengemis, tukang parkir hingga penjaja asongan. Kawasan pembagian nasi goceng ini juga berpindah-pindah tetapi masih meliputi daerah sekitar Jogja.

Kepada detikcom, Satya mengatakan adanya Nasgoceng ini mendapat tanggapan positif dari para penerima makanan sekaligus dari para donatur. "Penerima Nasgoceng merasa terbantu dengan adanya kegiatan Jumat Berkah. Para donatur yang kebanyakan berasal dari luar kota juga merasa senang karena mereka tetap bisa beramal di tengah kondisi pandemi. Kebanyakan donatur sudah beberapa kali ikut kegiatan Jumat Berkah," jelas Satya.

Kegiatan sedekah makanan seperti ini sebenarnya sudah banyak dilakukan di berbagai daerah. Ada yang menghadirkan makanan gratis, sembako gratis hingga sayuran gratis. Tujuan utama kegiatan ini tak lain adalah untuk membantu meringankan beban para pekerja nonformal dan orang-orang yang membutuhkan.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Ayam Ingkung Jogja yang Melegenda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com