Gerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jum'at

Wisma Putra - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 15:30 WIB
Gerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jumat Foto: Wisma Putra/detikcom
Bandung -

Gerakan membagikan makanan gratis setiap Jum'at ini bermanfaat bagi warga sekitar terminal Cicaheum, Bandung. Makanan disediakan prasmanan.

Rolade ayam, perkedel jagung, capcay, nasi putih, jus buah naga, buah rambutan, susu dan air mineral dihidangkan secara prasmanan di atas dua buah meja. Menu prasmanan ini digelar di pintu masuk Terminal Cicaheum, Kota Bandung.

Makanan gratis ini, dihidangkan oleh salah satu yayasan kemanusiaan di Bandung yang berfokus dalam kegiatan sosial yakni Gerbang Sedekah.

Pantauan detikcom, Jumat (5/2/2021) sekitar Pukul 10.00 WIB tenda 'Free Food Car' Gerbang Sedekah didirikan. Ada sekitar 10 orang relawan yang berasal dari berbagai kalangan, salah satunya mahasiswa mengikuti kegiatan yang rutin diadakan setiap minggunya.

Gerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jum'atGerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jum'at Foto: Wisma Putra/detikcom

Relawan pria, sibuk dengan pekerjaan mendirikan tenda, menata meja dan kursi bagi warga yang hendak makan dan relawan wanita, sibuk menyiapkan makanan yang akan dibagikan kepada warga.

Setelah tenda siap dan makanan sudah dihidangkan di atas meja yang disajikan didalam loyang makan, puluhan warga pun menghampiri tenda tersebut.

Dengan berbaris rapi, setiap warga mendapatkan satu porsi makan lengkap dengan lauk pauk, jus dan buah.

Warga tersebut langsung menyantap makanan yang diterimanya di meja yang disediakan Gerbang Sedekah, ada juga yang menyantap makanan di kursi atau pedestarian Terminal Cicaheum.

Makanan gratis itu disediakan untuk warga yang beraktivitas di Terminal Cicaheum, di antaranya sopir bus, kernet, penumpang, pedagang asong, pedagang makanan, tuna wisma hingga petugas Dishub.

Founder Gerbang Sedekah Syifa Kamaliyah mengatakan, bagi-bagi makanan gratis di Terminal Cicaheum sudah dilakukan sejak dua tahun lalu dan digelar setiap Hari Jumat.

"Untuk dari yayasan sudah berjalan empat tahun, tapi untuk bagi-bagi makan gratis di Terminal Cicaheum ini sudah berjalan dua tahun," kata Syifa kepada detikcom.

Syifa mengungkapkan, makanan yang dihidangkan Gerbang Sedekah diberikan kepada warga yang sedang mencari nafkah dan beraktivitas di Terminal Cicaheum.

"Untuk kegiatannya, kita berbagi nasi kepada para pejuang keluarga yang ada di jalanan. Tapi, siapapun bisa makan disini," ungkapnya.

"Yang kami berikan nasi dan lauk pauk, serta buah-buahan, kue dan minuman serta jus," tambahnya.

Gerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jum'atGerbang Sedekah Bagikan 100 Porsi Makan Gratis Tiap Jum'at Foto: Wisma Putra/detikcom

Syifa berujar, sekali berkegiatan Gerbang Sedekah sediakan 100 porsi makan bagi warga dan makanan yang diberikan itu merupakan hasil sumbangan para donatur.

"Setiap Jumat 100 porsi. Alhamdulillah, setiap Jumatnya ini kita dapat dari donatur yang sudah rutin berikan donasinya kepada Gerbang Sedekah, " jelasnya.

Selain di Terminal Cicaheum, Gerbang Sedekah juga melakukan kegiatan yang sama di lokasi lainnya dan bergantian lokasi setiap minggunya.

"Setiap Jumat kita keliling, sekitaran Bandung," tuturnya.

Syifa berharap, banyak orang termotivasi dengan kegiatan Gerbang Sedekah. Selain itu, pihaknya juga berharap banyak keberkahan yang diterima di Jumat berkah.

"Harapannya, lebih banyak lagi warga yang berpartisipasi dan termotivasi dengan kegiatan kita ini. Ikut lebih banyak berbagai," harapnya.

Seperti diketahui, tak hanya membagi-bagikan makanan gratis, Gerbang Sedekah juga kerap melakukan kegiatan sosial lainnya seperti membantu warga sakit, menjadi relawan kemanusiaan bencana alam dan kegiatan sosial lainnya.

Salah satu warga Dindin (34) mengatakan, ia merasa senang sudah mendapatkan makan gratis dari Gerbang Sedekah.

"Alhamdulillah nikmat, rutin kegiatan ini, banyak warga yang terbantu, lumayan mengurangi pengeluaran makan siang, meski hanya sehari saja. Semangat terus para relawan," ujar Dindin, seorang kernet bus di Terminal Cicaheum.
4 Attachments



Simak Video "Susu Telor Madu Jahe, Menghangatkan Malam Lesehan Blok M Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com