5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok

Riska Fitria - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 11:30 WIB
5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok Foto: iStock
Jakarta -

Viral di TikTok lagu Genjer-genjer yang sering dikaitkan dengan PKI. Sebenarnya apa sih sayur genjer itu? Ini faktanya.

Belakangan ini tengah viral sebuah tren di TikTok yang mencoba memperdengarkan lagu berjudul 'Genjer-genjer' kepada orang-orang lansia. Mereka mencoba melihat reaksi dari orang lansia saat mendengarkan lagu tersebut.

Kebanyakan, orang-orang lansia lantas marah begitu mendengar lagu Genjer-genjer. Itu dikarenakan lagu tersebut bercerita tentang sayur genjer yang dijadikan makanan 'wong cilik' di Indonesia.

Selain itu, sayur genjer juga punya kaitan erat dengan Gerakan 30 September PKI atau disingkat G30SPKI. Itulah alasan mengapa lagu Genjer-genjer dilarang, seperti yang dikutip dari jurnal Genjer-genjer: Fungsi dan Peran (2010).

Semenjak viral, banyak yang penasaran dengan sayur genjer, berikut 5 faktanya:

1. Sayur Genjer Kaitannya dengan PKI

5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok Foto: iStock

Lagu Genjer-genjer diciptakan oleh M.Arif, seorang musisi asal Banyuwangi dari Lembaga Kebudayaan Lekra. Awalnya lagu itu ditujukan sebagai sindiran terhadap Jepang yang pada saat itu mengeluarkan kebijakan kejam.

Namun kini, lagu tersebut dilarang karena beberapa hal. Menurut Ruddy Eppata Cahyono dalam jurnal Genjer-genjer: Fungsi dan Peran (2010), ada beberapa alasan mengapa lagu tersebut dilarang.

Pertama bertumpu pada kedekatan PKI. Apalagi sang pencipta lagu disinyalir tergabung dalam organisasi politik PKI. Selain itu, lirik pada lagu Genjer-genjer dianggap sebagai sebuah simbol atau bermakna ganda.

2. Apa Itu Sayur Genjer?

5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok5 Fakta Sayur Genjer yang Dikaitkan PKI dan Viral di TikTok Foto: iStock

Genjer atau dengan sebutan Limnocharis flava merupakan sejenis tanaman paku. Biasanya genjer banyak dijumpai di persawahan atau rawa-rawa bersama dengan eceng gondok. Namun, genjer tidak mengapung di atas air.

Tumbuhan tersebut tertanam di dalam genangan lumpur. Daunnya berbentuk tegak. Nah, bagian dari daun genjer itu bisa diolah menjadi makanan. Bisa ditumis, diurap atau sebagai campuran lauk.

Umumnya masyarakat Indonesia mengolah sayur genjer menjadi tumisan. Rasanya sedikit pahit dan teksturnya keras. Untuk mengurangi rasa pahit, genjer harus direbus dan dicampur asam Jawa.

Baca Juga : Genjer yang Renyah-Renyah Liat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com