Cara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya Maksimal

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 06:00 WIB
Cara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya Maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto/forrest9
Jakarta -

Teh menjadi minuman hangat yang cocok dinikmati setiap waktu. Menyeduh teh tidak harus selalu menggunakan infuser atau saringan. Seperti ini caranya.

Teh merupakan minuman herbal yang biasanya disajikan dalam kondisi hangat. Teh menjadi salah satu minuman yang terkenal di dunia dan punya banyak penggemar.

Bahkan di Eropa, kegiatan menikmati teh punya 'waktu' sendiri yang disebut sebagai 'tea time.' Teh biasanya dinikmati dengan makanan manis, kue, atau roti sebagai makanan pendampingnya.

Menyeduh teh, selain teh celup, memang cukup sulit. Butuh penyaring agar teh terseduh dengan baik. Tapi ternyata menyeduh teh bisa disiasati tanpa infuser. Berikut ini tips menyeduh teh tanpa penyaring, seperti dilansir melalui Red Blossom Blog (12/1):

1. Grandpa Style

Cara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya MaksimalCara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya Maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto/forrest9

Cara menyeduh teh ini pasti sering kamu temui, terutama ketika minum teh di rumah kakek dan nenek. Cara menyeduh ini juga terkenal sebagai cara menyeduh tradisional yang biasa dilakukan di Indonesia.

Kamu cukup menuangkan teh yang masih berbentuk daun kering ke dalam gelas. Lalu tambahkan sejumlah air sesuai kepekatan yang kamu inginkan.

Secara perlahan, teh yang sudah terseduh dengan baik akan turun ke dasar permukaan. Setelah seluruh daun teh turun dan mengendap di permukaan, teh bisa langsung dinikmati.

Jenis teh hijau atau teh putih akan lebih nikmat jika diseduh dengan temperatur air yang cenderung dingin. Sedangkan teh hitam atau yang lebih pekat sebaiknya diseduh dengan air yang cukup panas agar kepekatannya keluar dengan maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa bentuk cangkir yang digunakan akan memengaruhi ketahanan panas minuman. Pada cangkir yang lebih tinggi dan sempit akan mempertahankan panas yang lebih lama dibanding dengan cangkir yang lebar.

Baca Juga: 5 Teh Herbal untuk Diet yang Ampuh Rampingkan Perut

2. Manfaatkan Piring Kecil

Cara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya MaksimalCara Mudah Seduh Teh Tanpa Saringan agar Cita Rasanya Maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto/forrest9

Jika kurang suka gelas teh yang penuh dengan daun teh, kamu bisa menyeduh teh dengan cara menyaringnya. Caranya cukup mudah, hanya butuh gelas dan saringan.

Pertama-tama, siapkan teko atau pitcher yang lebih besar untuk menyeduh teh. Kemudian, siapkan cangkir saji dan tuangkan teh dengan cara disaring.

Bahkan jika tidak memiliki saringan di rumah, kamu juga bisa gunakan piring kecil yang berbentuk datar untuk menahan agar daun teh tidak ikut turun ke gelas. Bahkan dengan menggunakan cangkir yang memiliki penutup dengan sedikit celah di salah satu bagiannya juga bisa digunakan untuk menyaring seduhan teh.

Setelah teh diseduh dan disaring, kamu akan mendapatkan secangkir teh hangat yang bersih tanpa daun teh di bagian dasar. Secangkir teh hangat pun siap dinikmati.

Baca Juga: Minumlah Teh di Pagi Hari dan Dapatkan 7 Manfaat Sehat Ini

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com