Beefsteak 3D Masa Depan, Tersaji Lezat Tanpa Sembelih Sapi

Devi Setya - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 18:30 WIB
Steak bintang 5 Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menyajikan seporsi beefsteak pastilah harus menyembelih sapi. Tapi beefsteak yang satu ini diolah dengan teknologi modern tanpa harus menyembelih sapi. Kok bisa?

Dilansir dari Fox News (11/2) steak 'masa depan' tampaknya sudah berhasil dikembangkan para ilmuwan teknologi pangan. Baru-baru ini ada steak yang diolah dengan daging sapi buatan. Steak ini tersaji tanpa proses penyembelihan sapi.

Hidangan yang dikenal dengan nama 3D steak ini dikembangkan di laboratorium di Israel. Beefsteak ini diklaim sebagai steak pertama yang disajikan tanpa proses penyembelihan sapi.

Baru! Steak dari Sel Tubuh Manusia Kini Tengah DikembangkanBeefsteak 3D Masa Depan, Tersaji Lezat Tanpa Sembelih Sapi Foto: FoxNews


Pada Selasa (9/2), Aleph Farms dan mitra teknik biomedisnya di Technion-Israel Institute of Technology meluncurkan potongan daging bebas penyembelihan. Steak itu diproduksi menggunakan teknologi bioprinting 3D dan jaringan sapi asli.

Para ilmuwan menginkubasi sel jaringan sapi untuk tumbuh, proses yang mengandalkan teknologi ini kemudian bisa menciptakan replika tulang iga sapi yang sangat mirip dengan aslinya. Bukan hanya bentuknya saja, steak ini memiliki struktur otot dan lemak yang mirip dengan steak dari sapi yang disembelih.

Demikian juga dari sisi organoleptiknya. Tekstur steak hingga rasanya juga diklaim sangat sama dengan daging steak asli. Diharapkan, pada masa depan orang-orang bisa menikmati steak yang empuk, juicy dan lezat tanpa menyembelih sapi.

"Dengan realisasi pencapaian ini, kami telah mendobrak batasan untuk memperkenalkan varietas baru ke dalam potongan daging budidaya yang sekarang dapat kami produksi," kata Shulamit Levenberg, profesor di Technion dan salah satu pendiri Aleph. "Saat kami melihat masa depan, bioprinting 3D punya peluang yang tidak terbatas."

Makan Steak Enak di 5 Resto IniBeefsteak 3D Masa Depan, Tersaji Lezat Tanpa Sembelih Sapi Foto : FoxNews

Steak ini barulah hasil percobaan, belum ada rencana lanjutan soal penjualan steak serta penetapan harga steak 'palsu' ini. The Daily Mail memperkirakan, steak ini belum akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Kemungkinan dibutuhkan beberapa tahun kedepan untuk menemukan steak buatan ini di pasaran.

"Kami menjalankan rencana yang jelas untuk mencapai keseimbangan biaya untuk budidaya produk daging dalam skala besar," kata Didier Toubia, salah satu pendiri dan CEO Aleph Farms. "Kami berharap dapat mencapai tujuan ini dalam lima tahun sejak peluncuran awal 2022, ini solusi generasi baru pengganti daging nabati."



Simak Video "Battle Beefsteak Rp 32 Ribu VS Rp 216 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com