Kalori Telur Gulung, Jajanan SD yang Enak Dimakan dengan Saus Sambal

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 12 Feb 2021 13:00 WIB
telur gulung inez Foto: Dok. detikFood
Jakarta -

Kalori telur gulung perlu kita ketahui nih, karena rasanya yang enak bikin kita lupa diri kalau ngemil jajanan yang satu ini. Jajanan telur gulung sangat populer di tahun 90-an. Dan hingga kini semakin dikenal sebagai jajanan gerobak yang nikmat.

Dalam proses pembuatannya telur dikocok lepas kemudian ditambahkan dengan garam dan penyedap rasa. Telur yang sudah dikocok dipanaskan dalam minyak panas dan digulung dengan tusuk sate.

Sudah dikenal sejak tahun 90-an, kepopuleran telur gulung kembali muncul pada awal tahun 2017. Dari yang dulunya dijual dengan harga Rp 500 dan kini dijual dengan harga Rp 2.000-an per tusuknya.

Untuk membuat telur gulung sendiri di rumah, kamu membutuhkan 2 butir telur ayam yang dicampur dengan 6 sdm air matang dengan campuran lada halus, garam dan penyedap rasa. Kocok adonan dan goreng telur gulung dalam minyak panas.

Cara menggorengnya adalah dengan menuangkan 2 sdm telur ke dalam wajan berisi minyak panas dengan api sedang. Tunggu hingga adonan muncul ke permukaan. Kemudian setelah itu ambil tusukan sate dan gulung secara merata dan tarik ke pinggir wajan dan tekan agar gulungannya tak mudah lepas.

Dalam satu tusuk telur gulung mengandung kalori sebanyak 90,4 kkal, 3,7 gram protein, 7,2 gram lemak dan 0,21 gram karbohidrat. Jika kamu makan telur gulung empat tusuk tinggal dikalikan saja ya detikers.

Bagi kamu yang berdiet sebaiknya batasi jajanan ini. Namun jika makan hanya satu tusuk tentu tidak masalah.

Daripada ngemil telur gulung, untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan sebaiknya konsumsi saja telur rebus yang dibumbui garam dan lada serta makan buah-buahan potong segar seperti semangka dan melon yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com