ADVERTISEMENT

Makanan Kaki Lima Lezat

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun Cawang

Dewi Anggraini - detikFood
Selasa, 30 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Ada banyak penjual kaki lima di sekitar Stasiun Cawang. Ada penjual telor gulung hingga sate kikil plus kulit ayam yang kenyal enak. Nyam!

Stasiun kereta jadi salah satu spot jajanan kaki lima hits yang cukup populer. Sama seperti penjaja kaki lima di dekat halte atau pun terminal, para penjual jajanan menjajakan dagangannya dengan gerobak kayu.

Nah, ini dia 5 jajanan enak yang ada di dekat Stasiun Cawang.

1. Combro mini

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun CawangFoto: Istimewa

Foto: Instagram gisella_tania
Pengguna commuterline yang turun di Stasiun Cawang pasti sudah tak asing lagi dengan penjual combro kaki lima ini. Letaknya tak jauh dari gedung BSE, tepatnya di persimpangan Jl. Tebet Timur Dalam VIII X.

Kedai combro mini ini sudah dibuka sejak pagi. Tak heran kalau combro mini di sini kerap dijadikan sarapan para driver ojol yang menunggu pesanan. Ukurannya yang mini membuat bagian luar combro bertekstur renyah namun lembut dan padat isi di bagian dalam. Combro mini di sini dibanderol seharga Rp 2.000 per tiga buah.

2. Batagor

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun CawangFoto: dok. detikFood

Tepat di depan pagar stasiun Cawang bawah, dekat kolong Cikoko ada penjual batagor gerobakan. Bersama penjaja kaki lima lain, penjual batagor ini kerap dibeli para pengguna commuterline. Selain murah, terkadang sang penjual menggoreng beberapa batagor langsung sehingga batagor masih terasa hangat. Sama seperti batagor kebanyakan, harganya berkisar Rp 10.000.

3. Telur gulung

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun CawangFoto: Dok. detikFood

Jajanan yang sudah populer sejak tahun 90-an ini kini menjadi jajanan primadona anak millennial hingga orang kantoran. Jika ngidam telur gulung, tak ada salahnya mampir ke salah satu penjual telur gulung murah di seberang Stasiun Cawang bawah. Penjual telur gulung ini berada di dekat penjual wedang ronde di depan gedung Mazda. Jika ingin mencicipi telur gulung di sini, cukup siapkan kocek mulai dari Rp 2.000.

Baca juga: Murah Meriah! Racikan Sate Kikil dan Kulit Ayam Pak Salim yang Khas Indramayu

4. Sate kikil dan kulit ayam

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun CawangFoto: dok. detikFood

Kawasan jajanan stasiun Cawang sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni Stasiun Cawang atas dan bawah. Tak hanya wilayah sekitar Cawang bawah yang punya banyak jajanan kaki lima enak, wilayah Cawang bagian atas juga punya.

Di sana terdapat seorang penjual sate kikil dan kulit ayam yang tak pernah sepi pengunjung. Aroma wangi bakaran selalu tercium dan menggoda para pengguna commuterline. Apalagi jika sate kikil dan kulit ayam berlumur kuah kacang plus kecap dan sambalnya dipadu dengan potongan lontong. Harga satu porsi sate kikil plus ayam di sini ialah sebesar Rp 10.000.

5. Wedang ronde

Telor Gulung hingga Sate Kikil dan Kulit, 5 Jajanan Enak di Stasiun CawangFoto: dok. detikFood

Anda bisa menemukan penjual wedang ronde baik di dekat Stasiun Cawang atas atau pun bawah. Kalau di bawah, letaknya ada di seberang pintu keluar stasiun. Sedangkan di atas, dijual di pinggir jalan halte bus.

Sama seperti penjual wedang ronde pada umumnya. Wedang ronde di sini terdiri dari campuran air jahe plus susu atau pun air jahe merah, kacang, kolang-kaling hingga potongan roti tawar. Terdapat sebuah kursi panjang di dekat gerobak wedang ronde di penjual dekat Stasiun Cawang bawah. Karenanya Anda bisa menikmati racikan wedang ronde favorit di sana sebelum menaiki kereta. Soal harga tentu sama seperti wedang ronde kaki lima kebanyakan, yakni berkisar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per porsi.

Baca juga: Telur Gulung, Jajanan Tahun 90'an yang Populer Lagi

Simak Video "Masak Masak: Bikin Batagor Bandung Sendiri di Rumah Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT