Sajian Lezat Imlek

Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 16:00 WIB
Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China Foto: detikFood
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek


5. Bilas Teh

Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala ChinaGong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China Foto: detikFood

"Setelah teh diseduh dengan air mendidih di dalam gaiwan. Langsung tuang air teh untuk dibuang. Tujuan dari pembilasan ini adalah untuk membuka daun teh. Jadi nanti ketika diseduhan kedua, rasa teh oolong ini lebih keluar," saran Bambang.

Setelah dibilas sekali, teh yang sudah ditiriskan bisa diseduh lagi dengan air mendidih. Tak perlu lama-lama, cukup diamkan sekitar 20 detik.

"Normalnya kita tunggu 1-20 detik sebelum teh siap diminum. Terlalu lama menyeduh teh akan membuat rasa teh jadi overbrew, atau terlalu pahit. Sementara kalau under brew, itu rasa tehnya juga tidak akan keluar," jelas Bambang yang dari kecil sudah menggemari segala jenis teh.

Untuk suhu air panasnya sendiri juga ada aturannya. Untuk teknik Gong Fu Cha, suhu air yang dipakai adalah 80 derajat celcius. Paling panas di angka 95 derajat celcius. Tapi jika suhu air sudah sampai 100 derajat celcius, itu akan membuat rasa teh jadi pahit.

Jadi Bambang menyarankan untuk menggunakan alat ukur suhu air. Atau bisa mendiamkan air panas selama beberapa saat sebelum dituang ke dalam teh.


6. Rasa Teh Autentik yang Enak

Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala ChinaBambang Laresolo. Foto: detikFood

"Setelah itu teh oolong siap dinikmati. Dan ini bisa diseduh ulang 2-3 kali. Tergantung jenis tehnya, ada yang bahkan bisa diseduh sampai 14 kali," pungkas Bambang.

Untuk masalah rasa, teh oolong yang diseduh dengan teknik Gong Fu Cha ini punya rasa yang lebih unggul. Ada rasa pahit khas oolong yang langsung digantikan dengan manis diujung tegukan.

Aroma harum dari teh oolong juga keluar saat diminum. Suhu teh yang diatur, membuat teh oolong ini bisa dinikmati tanpa membuat lidah melepuh.

"Cara membuatnya mudah. Kurang dari lima menit sudah bisa ngeteh, tapi dengan kualitas rasa teh yang lebih enak," tutup Bambang.

Selain teknik menyeduh teh gaya Gong Fu Cha. Ragam jenis teh ini juga cocok dijodohkan atau dimakan bersama aneka makanan. Mirip seperti wine pairing, tea pairing ini juga tak bisa sembarangan.

Untuk itu simak terus artikel menarik tentang teh lainnya di detikFood ya!

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi Hari

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com