5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi Hari

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 29 Jul 2019 06:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Jika tak minum kopi, ada beberapa jenis teh yang cocok untuk penambah energi di pagi hari. Enak dinikmati hangat saat sarapan.

Kopi dihindari banyak orang karena kandungan kafeinnya. Selain itu minum kopi juga merangsang buang air kecil karena efek diuretiknya. Tetapi jika Anda masih ingin menikmati kafein dan jumlah kecil, teh bisa jadi pilihan.

Teh yang berasal dari daun tanaman camelia sinensis ini memiliki sedikit kandungan kafein, dibandingkan kopi. Dengan aroma yang lebih bervariasi, 5 jenis teh ini bisa jadi pilihan enak buat dihirup di pagi hari.


5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi HariFoto: Istimewa


1. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman menyehatkan. Ini karena kandingan polyphenol dan catechin yang bisa mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mematikan sel kanker.

Pilih teh hijau berkualitas bagus, lebih baik berbentuk daun. Seduh dengan air bersuhu 70 C dan nikmati hangat tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya.

5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi HariFoto: Istock


2. Teh putih

Teh putih atau white tea ini sedang populer karena khasiat sehatnya. Berasal dari 2 pucuk teratas dari daun teh, teh putih sering disebut 'silber needle tea' karena bentuknya seperti jarum.

Selain aromanya yang harum lembut, teh ini juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan mulut.

5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi HariFoto: Istimewa


3. Teh Oolong

Makin muda daun teh makin tinggi kandungan kafeinnya. Teh oolong dibuat dari daun teh yang masak sehingga kafeinnya lebih sedikit. ' Selain kafein, teh oolong juga mengandung theophylline yang dapat mempercepat metabolisme. Karenanya teh ini bisa membantu penurunan berat badan.

4. Teh hitam

Jenis teh ini paling populer di Indonesia. Sering dinikmati sebagai teh tubruk. Penelitian yang dilakukan Harvard University menyebutkan dalam 5 cangkir teh hitam yang dikonsumsi setiap hari bisa menambah sistem kekbalan tubuh. Memperbaharui sel memori dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Teh yang difermentasi penuh ini rasanua lebih pekat, sedikit sepat dan pahit. Sebaiknya konsumsi hangat tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi HariFoto: iStock


5. Matcha

Teh bubuk hijau khas Jepang ini sedang populer sebagai minuman kekinian. Matcha asli dengan aroma harum dan rasa pekat yang khas disukai sebagai minuman dingin dan hangat.

Di antara beragam jenis teh, matcha punya kandungan kafein paling tinggi dibandingkan dengan jenis teh lain. Mencapai 70 mg tiap 240 gram. Enak dinikmati dengan paduan susu tawar hangat.



Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)