Sajian Lezat Imlek

Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 16:00 WIB
Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China Foto: detikFood
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Bukan sembarang menyeduh teh. Di China ada Gong Fu Cha, teknik menyeduh teh hitam tradisional yang ada sejak ratusan tahun lalu.

Perayaan Imlek tahun ini bisa dirayakan di rumah saja bersama keluarga terdekat. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama, salah satunya dengan ngeteh bareng.

Tapi berbeda dengan penyeduhan teh gaya barat yang lebih mudah. Budaya ngeteh saat Imlek jauh lebih tradisional. Biasanya orang-orang China menyeduh teh menggunakan teknik Gong Fu Cha.

Disebut juga dengan nama Kung Fu Cha, teknik menyeduh teh yang satu ini terletak pada penggunaan air yang lebih sedikit. Sebelum diminum daun teh juga harus dibilas dengan air panas, agar daun teh merekah dan bisa mengeluarkan rasa dan aroma maksimalnya.

Bambang Laresolo, yang merupakan Tea Sommelier dan Tea Blender, sekaligus pemilik Kedai Teh Laresolo memberikan panduan menyeduh teh China. Memakai teknik Gong Fu Cha ala China. Spesial untuk acara ngeteh saat Imlek ia memakai teh oolong.

Baca Juga: Tradisi Sambut Musim Semi dengan Makan Bareng Keluarga


1. Dikenal ribuan tahun silam

Dry pea flowers. Organic thai butterfly pea tea on blue backgroundIlustrasi teh tradisional. Foto: Getty Images/iStockphoto

Gong Fu Cha, bisa diartikan sebagai skill atau keahlian menyeduh teh. Menurut sejarah yang ada teknik Gong Fu Cha ini berasal dari kota Chaozhou, Provinsi Guangdong, China.

"Dulu teh awalnya digunakan sebagai pengobatan di China. Sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Dulu teh itu direbus, mirip seperti jamu. Namun seiring perkembangannya jaman, teh yang awalnya hanya bisa diminum oleh raja dan bangsawan, perlahan mulai dikonsumsi banyak orang," jelas Bambang kepada detikFood.

Bambang yang sudah menekuni dunia teh sejak tahun 2010 ini, menjelaskan bahwa teknik Gong Fu Cha sebenarnya cukup mudah. Tidak terlalu rumit, dan alat yang digunakan juga tidak terlalu banyak.

"Untuk jenis teh yang digunakan itu bisa sesuai selera. Bisa coba teh oolong yang rasanya sedikit pahit dan manis. Bisa juga seduh teh pu'erh yang tak kalah enak," tutur Bambang.


2. Alat yang Digunakan

Gong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala ChinaGong Fu Cha, Teknik Menyeduh Teh Hitam ala China Foto: detikFood

Menurut Bambang, ada dua benda atau peralatan wajib yang digunakan saat menyeduh teh gaya China. Pertama ada gaiwan, sejenis mangkuk keramik dengan tutup yang disebut juga sebagai cawan.

Fungsi gaiwan ini adalah untuk merendam teh dengan air panas, sebelum dituangkan ke ca hai. Tempat penampung air teh seperti teko kecil.

"Selain gaiwan dan cha hai, yang perlu disiapkan adalah cup teh. Intinya seperti itu saja. Kalau mau alat yang lebih lengkap bisa pakai ketel untuk tempat menyeduh air panas, sampai wadah besi untuk tempat menampung air bilasan," ungkap Master Tea Blender dari Lewis & Carroll ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
e-Life
×
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang?
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang? Selengkapnya