Sajian Lezat Imlek

Tips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus Mencicipi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 16:30 WIB
Tips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus Mencicipi Foto: TikTok @florakuliner
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Dalam suasana Imlek, banyak jeruk dijual di pasar hingga supermarket. Ada tips memilih jeruk yang manis tanpa harus mencicipinya.

Jeruk merupakan buah yang identik dengan perayaan Imlek. Biasanya jenis jeruk yang disajikan adalah jeruk Mandarin.

Jeruk Mandarin berbentuk bulat dan berwarna oranye terang seperti emas. Karenanya jeruk ini menjadi perlambang keberuntungan dan kekayaan di tahun baru.

Ada banyak jenis jeruk Mandarin yang dijual di Indonesia. Sebut saja jeruk ponkam, lukan, mikan, hingga clementine. Masing-masing memiliki ukuran dan rasa yang khas.

Jeruk MandarinTips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus Mencicipi Foto: iStock

Baca Juga: Ini 6 Hal Menarik Soal Buah Jeruk yang Perlu Anda Ketahui

Kalau mau dapat jeruk manis tanpa harus mencobanya, tips memilih jeruk dari netizen TikTok @florakuliner ini bisa dicoba. Tipsnya sederhana dan mudah dipraktikkan.

Dikonfirmasi detikfood (1/2), Flora mengatakan perhatikan bagian bawah jeruk. Akan terlihat titik di sana. Pilih jeruk yang titiknya timbul karena pertanda jeruk bercita rasa manis.

"Ada jendolannya guys (yang manis). Aku udah uji coba lho," ujar Flora. Sebaliknya, hindari jeruk yang bagian titiknya samar alias tidak timbul. Kemungkinan besar jeruk ini tidak manis.

Tips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus MencicipiTips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus Mencicipi Foto: TikTok @florakuliner

Video ini mendapat banyak tanda suka dari netizen. Tak sedikit juga yang ikut membagikan tips memilih jeruk yang manis.

"Kalau aku biasa pilih yang jeruknya empuk kalau ditekan. Kalau keras itu biasanya asem," kata millo caramela. Tips senada juga dilontarkan Emaknya3Jagoan. "Kalau ditekan pakai jempol gampang jebol, berarti manis. Yang susah berarti asem," ujarnya.

Berikut tips memilih jeruk yang manis lainnya:

1. Pilih yang kulitnya mengkilap
Dari ciri fisik, pilihlah jeruk Mandarin yang kulitnya mengkilap dengan warna oranye terang. Ciri ini menandakan jeruk dalam kondisi segar.

Sebaliknya, hindari jeruk Mandarin yang kulitnya rusak, keriput, atau berwarna kehitaman. Jeruk ini bisa jadi sudah rusak atau disimpan terlalu lama.

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangTips Memilih Jeruk Mandarin yang Manis Tanpa Harus Mencicipi Foto: iStock

2. Perhatikan beratnya
Menggunakan tangan, kamu bisa coba menimbang-nimbang berat jeruk Mandarin. Jeruk yang manis biasanya lebih berat karena memiliki banyak kandungan air.

Hindari memilih jeruk Mandarin yang terlalu ringan. Bisa jadi jeruk ini memiliki daging buah yang kering dan tidak terlalu nikmat.

Baca Juga: Mau Belanja Jeruk Mandarin? Coba Simak Dulu 4 Tips Penting Ini

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com