Heboh Pria Dilarang Cuci Piring, Netizen: Keluargaku Patriarki

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 12:00 WIB
pria dilarang cuci piring Foto: Twitter @debrisumule
Jakarta -

Cuci piring adalah aktivitas yang bisa dilakukan siapapun. Belakangan heboh di Twitter larangan pria cuci piring karena keluarga mereka menganut sistem patriarki.

Aktivitas rumah tangga seperti mencuci piring sejatinnya bisa dilakukan oleh siapapun. Namun, banyak juga keluarga yang masih menganut sistem 'patriarki'. Mereka menganggap cuci piring hanya boleh dilakukan oleh wanita.

Patriarki sendiri adalah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebaga pemegang kekuasaan utama. Sistem sosial ini menjadikan laki-laki memiliki hak istimewa terhadap perempuan, termasuk dalam keluarga.

Seperti yang belakangan ini heboh di Twitter @debrisumule (10/2). Diketahui seorang selebgram bernama Debri Sumule mengunggah sebuah tangkapan layar dari Instagram Story miliknya. Dalam tangkapan layar itu terlihat sosok Debri yang sedang mencuci piring.

pria dilarang cuci piringpria dilarang cuci piring Foto: Twitter @debrisumule

Baca Juga: Viral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut Patriarki

Fotonya yang sedang mencuci piring itu kemudian ditanggapi seorang netizen dengan komentar, "Cuci piring???? Hell nooooo, you're boy, boy ga cuci piring di aturan keluarga gue, ahhh gatega liatnya," tulis netizen itu.

Debri Sumule pun menanggapi komentar netizen tersebut dengan cuitan di Twitternya. "Keluargamu keluargamu, keluargaku keluargaku," cuitan Debri.

Cuitan milik Debri ini viral hingga ditanggapi banyak netizen. Banyak yang memberikan komentar kalau mencuci piring bisa dilakukan siapapun.

"Apaan boy bay boy heh mencuci piring itu hak semua warga negara!" komentar netizen.

pria dilarang cuci piringpria dilarang cuci piring Foto: iStock

"Lakik ga boleh cuci piring? Gimana ya kalo dia ngekos, masa iya piringnya sekali pake doang?" sahut netizen lain.

Tak jarang banyak juga netizen yang menyebutkan kalau pria dilarang mencuci piring juga terjadi di keluarganya. Mereka menceritakan kalau dalam keluarga yang masih menganut sistem patriarki, aktivitas mencuci piring hanya boleh dilakukan oleh wanita.

"Seperti keluargaku yg patriarki karena ayah tipe yg apa-apa harus dilayanin, waktu ibu sakit terus ayah tiba-tiba nyuci baju atau masakin nasi goreng, malah gue yg diomelin sama ibu. Udah tiap hari kerja, weekend masih harus beberes, masak, nyetrika. Apa salahnya ada yang bantu sih," ujar seorang netizen.

"Sedih bat keluarga ku patriarki. Anak cewe harus cuci piring nyapu dll. Sodara gw yg laki main game rebahan mulu, mau makan pun disiapin, lah aku macam babu di rumah," sahut lainnya.

Baca Juga: 'Bekal Buat Suami' Jadi Trending Twitter, Apa Sih yang Dimasak?



Simak Video "Pakai Belimbing Wuluh, Cuci Piring Jadi Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com