Viral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut Patriarki

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 13 Jul 2020 12:00 WIB
masak di dapur Foto: iStock
Jakarta -

Anak buatkan sarapan untuk orang tua adalah hal wajar, namun netizen ini disebut temannya penganut patriarki karena hal ini. Kisahnya lantas viral di Twitter.

Belum lama ini perkara istri buatkan bekal suami jadi trending di Twitter. Berawal dari utas (thread) yang dibagikan Khaerani lewat akun @rainydecember. Awalnya ia hanya berniat mengumpulkan foto-foto bekal yang ia buatkan untuk suaminya.

Terlihat beragam menunya menarik selera. Khaerani bahkan membagikan tips dan trik praktis untuk membuat bekal itu. Namun selain dipuji, kicauannya juga dinyinyiri sebagian orang. Mereka menyebut Khaerani korban patriarki karena melayani suaminya.

Viral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut PatriarkiViral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut Patriarki Foto: Twitter @tubirfess

Baca Juga: 'Bekal Buat Suami' Jadi Trending Twitter, Apa Sih yang Dimasak?

Hal serupa kini terjadi lagi. Pada 12 Juli 2020, akun @tubirfess memperlihatkan foto tangkapan layar percakapan dua orang teman. Terlihat mereka sedang janjian pergi ke suatu tempat, namun satu orang bilang akan menyusul karena ia masih buatkan sarapan untuk ayahnya.

"Hari gini lo masih masak buat bokap lo?? Ternyata sekeliling gue masih banyak penganut patriarki. Bersyukur bokap gue bisa apa aja sendiri. Ga bermaksud yahh. Percuma lo kuliah tinggi tapi masih ngurus dapur," sahut temannya.

Viral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut PatriarkiViral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut Patriarki Foto: Twitter @tubirfess

Terlihat ia menyudutkan temannya sendiri sebagai penganut patriarki, sebuah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi peran kepemimpinan. Di keluarga, sosok ayah disebut memiliki otoritas untuk mengatur banyak hal.

Unggahan ini ternyata memancing banyak respons netizen hingga di-likes 11 ribu kali dan mendapat lebih dari 6.400 retweet serta komentar. Kebanyakan kontra dengan label patriarki yang disebutkan.

@riuhsorai mengatakan, "Skrg apa2 jdi patriarki ya, sebenernya yg pada bilang patriarki paham nggak sih. Aku juga anti patriarki, tpi ttp berusaha tau casenya juga, nggak asal bacot patriarki patriarki. Sorry ini pendapat aku sendiri ya."

Viral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut PatriarkiViral Kisah Anak Buatkan Sarapan untuk Ayah Disebut Patriarki Foto: Twitter @tubirfess

"Wah itu bokapnya di istemawain kayak gitu, balasannya surga loh. Balasan di dunia, dia bisa punya pasangan yang memperlakukan dia kaya putri. Bukan apa-apa, tapi ngerawat ortu itu wajib bukan sunnah," sahut @MENUJUSUKSES8.

Tak kalah menarik, @Sonya_JKT48 meminta agar netizen itu tak asal sebut patriarki. "Tolong bedain "patriarki" sama "berbakti kepada orang tua" yaa sayang," katanya. Nah, bagaimana kalau menurutmu?

Baca Juga: Haru! Kisah Bocah Kirim Makanan untuk Ayah yang Terhalang Pagar



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)